Seniman Eropa Akan Ramaikan Indonesiana di Parmout

  • Whatsapp

JIKA TAK ADA Aral merintang sebanyak 46 orang seniman Eropa yang berasal dai negara spanyol akan berkunjung ke Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) 11 – 14 Agustus 2018 mendatang. Mereka akan datang ke Parmout dalam rangka event Indonesiana yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulteng dan Kabupaten Parmout.

Terkait iven itu, Bupati diwakili Sekdakab, H Ardi Kadir dalam sambutannya pada upacara gabungan OPD setiap tanggal 17 bulan berjalan lingkup Pemda Parigi Moutong di halaman Kantor Bupati, Selasa (17/7) mengajak kepada seluruh pegawai ikut berkontribusi mensukseskan Indonesiana di Parmout.

Indonesiana, merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayan RI untuk memperkenalkan potensi seni budaya yang ada di Indonesia. Pada tahun ini Indonesiana akan melakukan pendukungan untuk 15 festival seni budaya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah Kabupaten Parigi Moutong. Khusus di kabupaten Parigi Miutong, event ini akan melibatkan pemerintah daerah, komunitas, pusat kebudayaan/kedutaan asing serta swasta dalam berbagai bentuk kolaborasi bertajuk vuladongga atau bulan purnama yang akan dihadiri para seniman Eropa.

‘’Saya sampaikan kepada kita semua, bahwa pada tanggal 11 – 14 Agustus 2018, Kabupaten Parigi Moutong ditunjuk Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk menjadi daerah pelaksana event indonesiana. Untuk itu, saya mengajak kepada kita semua mari kita sukseskan event ini,” pinta bupati.

Melalui ivent itu para budayawan akan dipertemukan sekaligus penampilan berbagai atraksi seni budaya dari beberapa Kabupaten Se-Sulawesi Tengah dan juga beberapa Provinsi di Indonesia.

Kegiatannya terdiri dari pawai budaya, pameran kesejarahan daerah, pameran kepurbakalaan, pertunjukan masyarakat adat, workshop seni budaya, serta kunjungan dibeberapa sekolah di Paarigi dan sekitarnya.

“Saya mengajak kepada kita semua, mari kita sukseskan event Indonesiana di Kabupaten Parigi Moutong, sebab dukungan kita semua akan menentukan sukses tidaknya kegiatan ini,”harap bupati.

Perhelatan Indonesiana di Kabupaten Parigi Moutong akan diawali dengan ritual adat dan Tomini Fashion Carnival serta tarian selamat datang yaitu tari Pontanu ciptaan H.M Hasan Bahasyuan yang akan dibawakan secara massal. Selain itu akan ada wellcome dinner dan hiburan tari musik perkusi anak. **

Sumber : Humas Parmout

Berita terkait