Rumah Warga Bente Morowali Hangus Dilalap Api

  • Whatsapp
banner 728x90

Reporter: Bambang Sumantri

Satu rumah warga di Desa Bente Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah hangus dilalap api, Senin (16/9/2019) sekitar pukul 09.30 WITA.

Pemilik rumah, Jumiran saat itu tengah berada di kebun untuk bekerja dan hanya istrinya yang berada di rumah. Menurut keterangan sang istri, usai memasak air di tungku menggunakan kayu bakar, ia mengaku telah membenahi dan memadamkan api, lalu meninggalkan rumah ke sebuah kios untuk membeli racun rumput.

Namun naas, hanya berselang beberapa menit saja, rumahnya terbakar yang diduga api berasal dari tungku bekas memasak air di dapurnya, karena tertiup angin yang saat itu bertiup lumayan kencang.

Seluruh rumah yang terbuat dari kayu dan beratap rumbia beserta isinya hangus dilalap api. Petugas pemadam kebakaran sempat memadamkan api namun tak bisa menyelamatkan rumah.

Salah seorang petugas Damkar Morowali mengatakan, saat akan menuju pos Damkar ia melihat ada api dan asap yang berasal dari sebuah rumah warga Desa Bente yang tak begitu jauh dari jalan poros. Mereka pun langsung berbelok arah dan mencoba memadamkan api, akan tetapi karena rumah tersebut terbuat dari kayu dan beratap rumbia. Api terlalu cepat merambat ke seluruh bagian rumah.

Sang istri yang tiba dari kios dan melihat kondisi rumahnya hangus terbakar tak tersisa tak kuasa menahan tangis, karena tak lagi punya tempat tinggal. Tidak satupun barang-barang yang bisa diselamatkan kecuali pakaian di badan, namun beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Menurut keterangan keluarga korban,  kerugian akibat kebakaran itu ditaksir sebesar 40 juta rupiah.

“Kalau dilihat sekilas, kira-kira jumlahnya sekitar 40 juta kerugiannya, tapi kami warga akan coba berembuk untuk membicarakan masalah ini, siapa tahu kita bisa gotong royong untuk membangunkan rumah sementara bagi mereka. aTerpenting kita pikirkan dulu bagaimana bisa dipenuhi kebutuhan pakaiannya karena isi rumah ini sudah ludes semua” ungkapnya. ***

Berita terkait