Kelompok Pertukangan Perahu dan Mobiler Terima Pembekalan Wirausaha

  • Whatsapp
Kelompok Pertukangan Perahu dan Mobiler Parimo Terima Pembekalan Wirausaha (15/10/2019)
banner 728x90

Selasa, (15/10/2019) Sebanyak 20 orang warga Kelurahan Bantaya dan Kampal menerima pembekalan materi tentang penciptaan wirausaha baru melalui tenaga kerja mandiri yang dilaksanakan di café Rainbow Kelurahan kampal, Parigi Moutong. Warga yang merupakan anggota dari kelompok nelayan yang condong pada usaha pertukangan perbaikan dan pembuatan perahu serta mobiler ini diberi berbagai materi terkait pengembangan usaha mereka.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Parigi Moutong Drs. I Wayan Sariana, mengatakan bahwa kegiatan pembekalan ini merupakan bagian dari Program perluasan dan penciptaan lapangan kerja. Menurut I Wayan Sariana, Parigi Moutong mempunyai bentangan pantai 472 Kilometer, dengan profesi nelayan yang berjumlah ribuan, hal ini harus benar-benar dipandang secara fisioner. Prospek usaha pertukangan perbaikan dan pembuatan perahu ini sangat menjanjikan, karena belum ada yang menggeluti usaha ini secara professional dengan usaha ini para nelayan diharapkan dapat mengembangkan usaha dengan prospek pendapatan yang lebih baik.

Selain itu sariana juga berharap bahwa para nelayan yang berdomisili di kelurahan kampal ini dapat memanfaatkan teknologi dengan baik, jadi para nelayan jangan hanya memakai metode tradisional dalam usaha mereka tetapi bagaimana memanfaatkan metode metode digital seperti aplikasi penyebaran ikan dan navigasi laut.

Selain itu dengan aplikasi modern para nelayan dapat dengan mudah menjual hasil tangkapan mereka, “saat dilaut para nelayan sudah dapat menjual ikan mereka dengan para pembeli di darat, jadi para nelayan tidak perlu lagi bersusah menjual hasil tangkapan mereka” Ucap Sariana menambahkan.

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan dan Pelatihan Pasar Kerja dan Perluasan Penempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ilham, SP mengatakan bahwa pembekalan ini dilaksanakan 3 hari yang diperuntukkan bagi masyarakat nelayan dengan basic pertukangan perahu, selain di berikan pembekalan terkait usaha mereka. Ilham juga mengatakan bahwa mereka yang mengikuti pembekalan ini nantinya akan diberi pendampingan oleh Tenaga Ahli di bidang ini dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi selama satu tahun berjalan sejak mereka menerima materi dan bantuan peralatan.

“Mereka akan diberi pendampingan dan dibimbing dalam mengembangkan usahanya”, ucap Ilham.

Syamsu Nadjamuddin, S.Pd, Pemateri yang juga merupakan salah satu angler dari Parigi Fishing Community (PFC) mengatakan dari 20 yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 4 kelompok yang masing-masing beranggotakan 5 orang, 3 kelompok memang merupakan spesialis pembuatan dan perbaikan perahu, 1 kelompok merupakan usaha meubel yang juga melayani perbaikan sarana-sarana kelautan.

Mereka nanti akan diberi dasar pelatihan pengembangan usaha, baik berupa skill dan peningkatan SDM mereka di bidang Pertukangan Pembuatan dan Perbaikan perahu selain itu para peserta juga nantinya akan diberikan bantuan alat alat pertukangan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sehingga prospek pengembangan usaha pertukangan mereka nantinya akan lebih baik. 

Sumber: Humas Pemda Parigi Moutong

Berita terkait