Kepala BNPN Tinjau Banjir Bandang Sigi

  • Whatsapp
banner 728x90

Kepala BNPN Letjen TNI Doni Monardo, didampingi Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, Wakil Gubernur Rusli Dg. Palabi, Bupati Sigi Irwan Lapata, Meninjau Bencana Bajir dan Tanah Longsor Bolapapu Kulawi, Sabtu (14/12/2019).

Dalam Kunjungan dan Peninjauan Dampak Banjir dan Tanah Longsor Bolapapu Kulawi, Rombongan berkenan melakukan pertemuan dengan masyarakat Bolapapu bertempat di Gereja BK Bolapapu. Pada pertemuan tersebut, Bupati Sigi Irwan Lapata, sangat berterimakasih atas langkah-langkah sigap yang dilakukan Gubernur dan Jajaran dalam menangani dampak bencana Bolapapu. Demikian juga ucapan terimakasih kepada Kepala BNPB Bapak Doni Monardo atas perhatiannya yang langsung datang ke Bolapapu untuk meninjau secara langsung dampak dampak bencana Bolapapu dan juga membawa dukungan bantuan kepada masyarakat korban bencana Bolapapu.

Selanjutnya Bupati Sigi Mengharapkan masyarakat agar dapat bersabar untuk menghadapi seluruh cobaan yang terjadi dan secara pribadi dan keluarga sangat berduka atas meninggalnya bapak Pendeta dan Anak yang kita kasihi akibat bencana yang terjadi, dan Bupati Sigi Meminta masyarakat agar patuhi aturan untuk terus menjaga Alam.

Selanjut Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. menyampaikan sambutannya dengan haru dan menyampaikan Turut berduka cita atas meninggalnya  pendeta dan anaknya akibat dampak bencana banjir dan tanah longsor. Gubernur juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan kepala BNPB yang tidak terjadwalkan datang ke Palu. Karena kejadian bencana Bolapapu kepala BNPB dari Sumatera Barat langsung datang Ke Palu. Selanjutnya Gubernur Menyampaikan Masyarakat harus bersabar dan yakinlah kami Pemerintah akan terus bersama saudara dan pasti kita bersama sama memulihkan keadaan ini kata Gubernur. Lebih Jauh Gubernur menyampaikan bahwa Tahun 2012 yang lalu saya juga hadir ditempat ini untuk melihat bencana yang sama seperti ini. Olehnya Kata Gubernur masyarakat harus menjaga alam dengan baik.

“Saya Gubernur dan Bupati terus menghimbau masyarakat agar terus menjaga Alam untuk jangan melakukan perambahan hutan, saya harap patuhilah ketentuan itu minta Gubernur.

Kepala BNPB Doni Manardo dalam sambutannya menyampaikan ucapan belasungkawa dari Pemerintah Pusat dan Turut Berduka Cita atas kejadian bencana di Bolapapu dan meminta masyarakat harus Kuat dan Tabah terus jaga persatuan dan kebersamaan.

Doni Monardo juga menyampaikan bahwa Presiden RI memerintahkan agar BNPB meningkatkan upaya upaya pencegahan Bencana sehingga Kepala BNPB meminta masyarakat untuk menjaga alam dan masyarakat mematuhi  aturan untuk tidak merusak hutan.

“Jagalah Alam supaya Alam menjaga kita” kata kepala BNPB, lebih jauh Kepala BNPB menyampaikan bahwa kehadirannya bersama jajaran BNPB untuk memastikan bahwa Negara hadir untuk melindungi masyarakat, untuk bersama-sama mengatasi permasalahan yang terjadi.

Pada kesempatan itu Kepala BNPB Doni Monardo, menyerahkan Bantuan Rp. 500.000.000 (Lima Ratus Juta Rupiah) dan menyerahkan Bantuan Rendang 200 kg dari Gubernur Sumatera Barat untuk masyarakat korban Bencana dan memberikan Dukungan Dana sebesar 2M untuk menyediakan Bibit Pohon untuk ditanam serta miminta keterlibatan TNI untuk menyediakan bibit Pohon terbaik untuk ditanami bersama masyarakat.

Selesai melakukan pertemuan Gubernur Sulawesi Tengah meminta Kepala BNPB untuk melihat secara langsung dampak bencana Banjir dan Longsor Desa Poi dengan harapan kiranya Kepala BNPB dapat memberikan perhatian dan dukungan dalam mpenanggulangan dampak bencana yang terjadi di desa Poi. 

Pada Kesempatan itu kunjungan Kepala BNPN dan Gubernur, wakil Gubernur, Bupati Sigi, juga didampingi Para Deputi BNPN, Danrem 132 Tadulako, Kapolda Sulteng, Kalak BPBD Propinsi dan Kabupaten Sigi.

Sumber: Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulteng

Berita terkait