Tekan Produksi Sampah, Camat Bahodopi Gelar Baksos

  • Whatsapp

Morowali,- Pemerintahan Kecamatan Bahodopi kembali menggelar Bakti Sosial (Baksos) bersih-bersih lingkungan yang diikuti oleh ribuan warga dari sejumlah komunitas dan paguyuban, Minggu (23/2/2020).

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Camat Bahodopi, Tahir SE, M.Adm, SDA. Ia menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Baksos kali kelima ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap 21 Februari.

“Pelaksanaan Baksos kali ini sekaligus memperingati HPSN, kami berharap agar semua warga memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, produksi sampah di Kecamatan Bahodopi saat ini mencapai 40 ton per hari, jumlah yang sangat fantastis, ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menanganinya” ungkapnya.

Dikatakannya, kampanye peduli lingkungan akan terus dilakukan dengan sasaran kepada seluruh warga utamanya warung-warung dan indekos. Program bakti sosial setiap minggu juga akan diaktifkan mulai dari tingkat desa.

“Kita akan terus melakukan kampanye peduli lingkungan kepada semua warga dan yang paling utama itu adalah warung-warung makan serta indekos” kata Taher.

Bakti sosial dalam bentuk aksi peduli lingkungan kata Taher adalah salah satu upaya melakukan silaturrahmi dan harmonisasi antar warga yang ada di Kecamatan Bahodopi.

Jika masyarakat sudah sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan, minimal akan terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk mencegah terjadinya bencana banjir dan menjaga ekosistem laut.

Kepala bidang Persampahan Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Morowali Muhdar mengatakan, sangat mendukung apa yang dilakukan Camat Bahodopi untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, mengingat saat ini Bahodopi merupakan kecamatan terpadat penduduknya, yang tentunya produksi sampah juga tinggi.

“Kecamatan Bahodopi saat ini merupakan kecamatan terpadat penduduknya, dipastikan produksi sampah juga tinggi dan penanganan sejak dini sangat dibutuhkan agar nantinya masalah sampah ini tidak menjadi besar ke depan jika diantisipasi” kata Muhdar.

Dikatakannya, DLH akan membuat fasilitas TPS berupa bak kontainer sebanyak 8 unit untuk menampung sampah agar tak dibuang sembarang tempat.

“Sebagai bentuk dukungan dari DLH, kami akan coba membuat fasilitas TPS berupa bak kontainer dan ini sudah kami koordinasikan dengan Pak Camat Bahodopi untuk disiapkan lokasi tempat bak tersebut. Kita akan segera kirimkan agar masyarakat diharapkan tidak membuang sampah sembarangan, sambil menunggu program yang lebih efektif yaitu rencana pembangunan TPA di Bahodopi” jelas Muhdar.

Turut hadir dalam kegiatan itu Dandramil Bahodopi Kapten Inf Hamzah, sejumlah anggota Polsek Bahodopi, berbagai komunitas dan kerukunan yang ada di Kecamatan Bahodopi, para pelajar, perwakilan beberapa perusahaan tambang diantaranya PT IMIP, PT Ang and Fang Brother yang juga menurunkan 2 truk pengangkut sampah, serta masyarakat Bahodopi.***

Reporter: Bambang Sumantri

Pos terkait

banner 580x60