Berita Petang: Gempa (M) 3,7 Guncang Bangkep

  • Whatsapp
banner 728x90

Bangkep,- Gempa bumi bermagnitudo (M) 3,7 terjadi di wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Pusat gempa diketahui berada di laut akibat aktivitas seismik sesar lokal.

Informasi yang dikutip langsung dari Badan Mateorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa terjadi pada Kamis (24/09/2020) sekitar pukul 15:52 WITA. Pusat gempa berada di
102 km Baratlaut Bangkep.

Diketahui, gempa tersebut berada di kedalaman 7 km, pada koordinat 0.63 Lintang Selatan (LS) dan 122.41 Bujur Timur (BT). Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam kategori gempa dangkal karena berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. Hingga berita ini diterbitkan pihak BMKG belum merilis laporan lebih lanjut mengenai dampak yang telah ditimbulkan gempa.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari BMKG. Tidak terpancing isu berita yang tidak bertanggung jawab serta tetap waspada dengan adanya potensi gempa susulan.***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait