DPRD Sulteng Hadiri Rakor Penanganan Covid 19 dan Evaluasi Pasca Bencana di Sulteng

  • Whatsapp
Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Covid 19 evaluasi penanganan pasca bencana bersama kepala BNPB Doni Monardo /ft: Humas Pemprov

Palu,- Anggota Komisi IV DPRD Sulteng  I Nyoman Slamet mewakili pimpinan DPRD Sulteng menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan  Covid 19 evaluasi penanganan pasca bencana di daerah ini. Rakor di Gedung Polibu Kantor Gubernur Sulteng pada Rabu ( 31/3/21)  malam dihadiri langsung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) RI  Doni Monardo.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola mendampingi Ketua BNPB termasuk anggota DPD RI Luki Semen, Kajati, Kapolda  dan juga  Danrem 132/Tadulako. Rakor juga menghadirkan Wali Kota Palu, Bupati Sigi dan Bupati Donggala Forkompimda Sulteng  dan sejumlah instansi teknis terkait, juga melaporkan perkembangan percepatan penanganan Covid 19 termasuk langkah-langkah yang telah dilakukan.

Gubernur Sulteng mengatakan sesuai data Pusdatina per 30 Maret 2021 jumlah kasus  komulatif positif  mencapai 11.181 kasus pasien, yang sembuh  sebanyak 19,74 persen atau sejumlah 10.034 dengan pasien yg meninggal  mencapai 294 atau 2.63 persen  dan yang masih  menjalani perawatan  sebanyak 853.

Gubernur juga menyampaikan bahwa Pemprov juga telah menyiapkan alokasi dana untuk penanganan Covid 19 di Sulteng Tahun anggaran 2021  senilai Rp 9 milyar dengan menyiapkan dana cadangan  mencapai 53 milyar lebih, termasuk  telah melakukan  refocusing anggaran  sebesar Rp 40  milyar.

Sementara dalam bagian lain gubernur juga melaporkan  pelaksanaan rehab rekon  pasca bencana  gempa bumi, tsunami dan likuifaksi  di Sulteng yang telah berjalan baik, termasuk  penyaluran dana stimulan  pertama, kedua yang telah dilaporlan  masing masing kabupaten.

Gubernur  juga menyingging soal Instruksi Presiden ( Inpres)  No 10 Tahun  2018  tentang  percepatan  rehabilitasi dan rekonstruksi  pasca bencana  gempa bumi dan tsunami di Sulteng dan wilayah terdampak lainnya sudah betakhir. Pemprov  kata gubernur telah bermohon untuk  perpanjangan Inpres tersebut dan  mengharapkan kepala BNPB  RI untuk bisa mengawalnya.

Sementara itu  Kepala BNPB  Doni Monardo dalam arahannya meminta agar Pemprov Sulteng, Pemkab tetdampak bencana agar lebih bekerja lebih keras lagi agar berbagai kendala dapat segera di atasi.

Pada kesempatan tersebut, kepala BNPB juga meminta penjelasan dari Walikota, Bupati Donggala  soal relokasi lahan  untuk korban bencana yang belum juga tuntas, soal kekurangan air di Huntap Pombewe serta sejumlah masalah lainnya.***

Sumber/Editor: Humpro Setwan DPRD Prov. Sulteng/Ikhsan Madjido

Berita terkait