Bappelitbangda Parimo Lakukan Pemetaan SIDPD Berbasis Web Gis

  • Whatsapp
banner 728x90

Parimo,- Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong melakukan pemetaan semua lini sektor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Sistem Informasi Data Pembangunan Daerah (SIDPD) berbasis Web Gis atau sistem informasi geospasial yang memanfaatkan teknologi web.

Kegiatan pelatihan SIDPD ini dihadiri Asisten I Pemerintahan Umum dan Kesra, Samin Latandu. Berlangsung di Aula Kantor Bappelitbangda, Kamis (27/5/2021), kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Bappelitbangda Parimo dengan Institut Pertanian Bogor (ITB).

Kepala Bappelitbangda Irwan mengatakan, sistem berbasis Web ini guna untuk memetakan potensi – potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Parigi Moutong.

Irwan berharap, adanya pemetaan ini maka nantinya dapat mempermudah untuk mengetahui keberadaan potensi daerah yang ada di wilayah Parigi Moutong.

” Ini juga agar mempermudah melakukan perencanaan dalam rangka meningkatkan perekonomian,” Jelas Irwan.

Sementara secara teknis, Nur Novianti Bandha selaku Kepala Bidang Ekonomi menerangkan, bahwa dalam lanjutan hasil konsultasi oleh Bappelitbangda Parimo ke Bapenas menyarankan harus membuat software tentang data perencanaan.

Kata Novi Bandha, jika software itu dibuat nantinya siapapun bisa saja mengakses atau melihat data potensi potensi daerah Parigi Moutong. Outputnya dari pemetaan yang ada yaitu bagaimana agar bisa meningkatkan ekonomi di Kabupaten Parigi Moutong.

Awalnya aplikasi ini hanya spesifik untuk kerawanan pangan dan kesehatan saja. Akan tetapi lanjutan setelah kami dari Bappelitbangda Parigi Moutong melakukan konsultasi lagi ke Bapenas, juga disarankan untuk dikembangkan lagi lebih lanjut. “tuturnya.

“Setelah sistem informasi data perencanaan pembangunan daerah ini selesai dilaksanakan, kemudian akan dilanjutkan lagi dengan monitoring serta evaluasi seperti apa saja pembangunan di Parigi Moutong kedepannya,” Tutupnya.***

Reporter: Supardi

Berita terkait