Bupati Parimo Resmikan Tiga Gedung Baru Puskesmas

  • Whatsapp
Ft: Kominfo Parimo
banner 728x90

Parimo,- Terdapat 3 (tiga) gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di tiga wilayah yakni Puskesmas Lambunu II Kecamatan Bolano Lambunu, Puskesmas Kecamatan Tomini dan Puskesmas Kecamatan Tinombo resmi difungsikan. Peresmian tiga Puskesmas itu dipusatkan di Puskesmas Tinombo yang diresmikan langsung oleh Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu, Sabtu (26/6/21).

Dalam sambutannya, Bupati Samsurizal berharap Puskesmas yang telah diresmikan dapat difungsikan dengan semaksimal mungkin, serta setiap tenaga kesehatan yang bertugas bisa memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Saya berharap Puskesmas ini difungsikan dengan baik, beri pelayanan terbaik kepada pasien kita,” harapnya.

Bupati Samsurizal menambahkan, dalam waktu dekat Pemerintah membuka penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas Pemerintah.

“Insya Allah dalam waktu dekat akan dibuka penerimaan PPPK bagi honorer, dan mereka menerima hak sama seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bisa menduduki jabatan sebagai Pejabat Pemda hanya saja tidak bisa untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) atau menjadi Sekda,” ujarnya.

Di bagian lain, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong Elen Nelwan dalam laporannya mengatakan, gedung baru 3 Puskesmas bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020.

Lanjut Elen, pusat kesehatan masyarakat adalah fasilitas layanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan prefentif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya. Upaya ksehatan tersebut sebut Elen, diselenggarakan dengan menitikberatkan pada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan.

“Pembangunan kesehatan yang diselenggarakan di puskesmas bertujuan untuk memajukan masyarakat yang memiliki perilaku baik, kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, dan memiliki derajat kesehatan yang optimal baik keluarga, kelompok maupun masyarakat,” paparnya.
Dalam kegiatan itu juga dilakukan peresmian Public Safety Center (PSC) 199 untuk PSC Parigi dan PSC Siney. ***

Sumber: Kominfo Parimo

Berita terkait