Lantik Bupati Banggai, Gubernur Ingatkan Penanganan Covid dan Integritas

PALU,- Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola melantik Bupati dan Wakil Bupati Banggai terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah 2020, Selasa (8/6/2021).

Adapun Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik yakni Amirudin Tamoreka dan Furqanuddin Masulili untuk periode 2021-2024.

Prosesi pelantikan kepala daerah tersebut dilakukan secara langsung di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng, dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Saya percaya saudara dapat bekerja dengan amanah dalam memutar roda kepemimpinan dan pembangunan di Kabupaten Banggai, karena amanah adalah landasan utama yang akan menentukan kualitas kepemimpinan saudara sebagai kepala daerah,” ujar Longki Djanggola.

Dalam sambutannya Gubernur Longki meminta bupati terpilih fokus terhadap penanganan Covid-19, karena tingkat keterjangkitan sangat tinggi.

“Banggai masih status zona merah. Olehnya saya minta agar tidak lengah dan tidak melonggarkan pengawasan protokol kesehatan, sehingga penyebaran virus dapat terus ditekan seminimal mungkin,” pinta Longki yang tinggal menghitung hari menuju purbabakti.

Kesinambungan program vaksinasi, lanjut Longki, kiranya dapat dilaksanakan sesuai jadwal dan sasaran penerima yang ditentukan, sehingga kesehatan masyarakat dapat dilindungi dan ekonomi segera pulih kembali.

Selain itu, Gubernur juga meminta menjaga integritas dengan menahan diri dari godaan-godaan yang hanya memberikan kenikmatan di awal, tapi berujung sengsara di akhirnya.

“Akibat kesalahan saudara mengambil keputusan dan kebijakan, sehingga berakibat nikmat membawa sengsara. Jagalah integritas dimulai dari diri saudara, maka semangat ini akan diikuti bawahan dan masyarakat Banggai pada umumnya,” pintanya.

Gubernur mengakui masyarakat Banggai cukup dewasa dalam berpolitik yang amat kritis dalam menilai kandidat dan program yang dijanjikan.
Dampaknya telah melahirkan figur baru dari panggung kontestasi pilkada Banggai.

“Untuk itu saya berharap kiranya saudara berdua dapat mengambil pembelajaran politik dari fenomena yang unik ini agar saudara termotivasi untuk selalu konsisten menepati dan merealisasikan janji kampanye.
Apalagi dengan masa jabatan yang relatif singkat. Maka harus ada akselerasi dan skala prioritas dalam mewujudkannya,” jelasnya.

“Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak ada masyarakat yang dikecewakan dan berpaling untuk mendukung calon yang lain pada pilkada selanjutnya,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Amirudin Tamoreka menyatakan siap membangun Banggai. Ia menyatakan akan memperbaiki ekonomi, tata kelola pemerintahan, serta menangani pandemi Covid-19.

“Untuk 100 hari kerja pertama yaitu penataan birokrasi, pelayanan masyarakat yang lebih pokok seperti air minum, listrik dan lain sebagainya. Itu saja,” sebutnya usai acara pelantikan. ***

Reporter: Ikhsan Madjido

banner 728x90

Pos terkait