Pemkab Parimo Partisipasi Pameran Stunting Tingkat Provinsi Sulteng di Kota Palu

  • Whatsapp
Ft: Humas Pemkab Parimo
banner 728x90

Parimo,- Pameran Stunting Kabupaten/Kota se Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berlangsung mulai 02 sampai 03 Juni 2021, bertempat di Kantor Bappeda Provinsi Sulteng. Hal ini dalam rangka penilaian kinerja aksi konvergensi Stunting terintegrasi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong sebagai daerah sasaran penurunan angka stunting, turut ambil bagian dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kepala Bappeda diwakili Sekretaris Bappeda Provinsi Sulteng, Karno Hariadi, saat membuka kegiatan, Rabu (2/6/21) mengatakan, penurunan Stunting salah satu prioritas Nasional yang harus didukung oleh setiap daerah dan wajib diseriusi oleh pemerintah.

Komitmen tersebut telah dibangun saat dilakukannya rapat terbatas tentang Stunting dipimpin oleh Presiden pada 5 April 2018 dan selanjutnya dipindahkan pada rapat koordinasi tingkat Menteri untuk percepatan pencegahan anak kerdil yang dipimpin oleh Wakil Presiden RI pada 12 Juli 2017.

Penanganan Stunting penting dilakukan dengan pendekatan multi sektor melalui sinkronisasi program Nasional lokal dan masyarakat di tingkat pusat maupun daerah serta penurunan stunting ditetapkan sebagai program prioritas nasional yang harus dimasukkan ke dalam rencana kerja pemerintah Daerah (RKPD).

Ft: Diskominfo Parigi Moutong

“Untuk mewujudkan aksi penurunan Stunting yang berkualitas, tidak dapat dilaksanakan oleh satu sektor saja, tetapi memerlukan kerjasama berbagai pemangku kepentingan baik pemerintah Provinsi, Kabupaten, Legislatif, dunia usaha, masyarakat dan keluarga sebagai ujung tombak terdepan,”Jelas Karno.

“Tujuan penilaian kinerja ini adalah Pertama untuk memberikan informasi mengenai aspek kinerja apa saja yang sudah baik atau yang masih perlu ditingkatkan dari setiap Kabupaten/ Kota. Kedua perbandingan kinerja Kabupaten Kota dalam wilayah Provinsi, dan yang Ketiga pembelajaran antara Kabupaten Kota dalam wilayah Provinsi untuk meningkatkan kualitas dan hasil pelaksanaan 8 aksi konvergensi integrasi,”Ujarnya.

Untuk diketahui, usai pembukaan kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan/audience antara tim Stunting Parimo bersama tim Penalis/tim penilai. Kabupaten Parimo bersama Kabupaten Sigi dilakukan penilaian baik dari segi pameranya maupun pemaparannya terkait aksi penurunan Stunting.

Dalam paparan ini, Tim Stunting Parigi Moutong dipimpin langsung oleh Kepala Bappelitbangda Kabupaten Parigi Moutong Irwan, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Parimo, Noor Wachidah Prihartini S Tombolotutu dan Kepala OPD serta Perwakilan Kepala OPD yang terkait dalam Penanganan Stunting di Kabupaten Parimo.

Pada penutupan acara, Kamis (03/05/2021) dilakukan penilaian aksi untuk Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Morowali dan Kabupaten Banggai***

Reporter : Supardi

Berita terkait