Pemkab Poso Minta Dukungan Pemprov Sulteng Fasilitasi Pertemuan Dengan Presiden

Ft: Humas Pemprov

Palu,- Wakil Gubernur Rusli Dg Palabbi didampingi Pj. Sekdaprov. H. Mulyono menerima rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso guna melakukan audiensi yang merupakan tindak lanjut dari surat yang dikirimkan Ketua DPRD Kabupaten Poso kepada pemerintah daerah provinsi no 170/159/DPRD/2021 tentang situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Poso dan sekitarnya.

Audiensi yang berlangsung di Gedung Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis (3/6/2021) diikuti sekitar 33 orang perwakilan Pemkab Poso, diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Poso Sesi Kristina Dharmawati Mapeda, SH, MH, Wakil Bupati Poso Yasin Mangun, OPD terkait, tokoh agama serta beberapa pihak terkait lainnya. Dengan penerapan protocol kesehatan, maka pertemuan ini dibatasi hanya 50 orang.

Wakil Gubernur berharap audiance akan melahirkan suatu kesepahaman dan menyatakan telah mendapatkan gambaran melalui pertemuan di DPRD Sulteng dan Pemkab Poso beberapa waktu lalu sekaligus menyatakan dukungan dan akan memfasilitasi rencana pertemuan Pemkab Poso dengan presiden. Melalui surat yang akan dikirimkan ke Pemerintah Pusat, tinggal dikoordinasikan jadwal dan kesiapan presiden dalam melakukan audiance termasuk jumlah personil yang akan diterima.

Wakil Bupati Poso Yasin Mangun menyatakan sebelumnya telah melakukan audiance dengan pihak DPRD Sulawesi Tengah terkait situasi keamanan di Kabupaten Poso dan direncanakan melakukan pertemuan dengan presiden sekaligus menyampaikan aspirasi yang berhubungan dengan perkembangan di Kabupaten Poso. Untuk itu, pihaknya berharap pemerintah provinsi dapat memfasilitasi pertemuan dimaksud.

Senada disampaikan Ketua DPRD Poso, Sesi Kristina Dharmawati Mapeda. Pihaknya telah melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPRD Sulawesi Tengah untuk itu diharapkan adanya penguatan melalui pertemuan secara langsung serta penyampaian aspirasi kepada Presiden, dan berharap Pemprov Sulteng dapat memfasilitasi pertemuan tersebut.

Mendindaklanjuti hasil audiance, Sekdaprov H. Mulyono, SE, Ak, MM menyatakan pihak Pemprov mendukung rencana bupati, DPRD dan masyarakat Poso untuk melakukan audiance dengan presiden . Untuk itu pihaknya akan menyurat ke Sekertaris Negara atau Menteri Dalam Negeri yang jadwal pelaksanaannya akan dikoordinasikan, termasuk jumlah tamu yang akan hadir. *

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Bakesbangpol Sulteng, Dr. Fahrudin, S.Sos, M.Si, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Drs. Arfan M.Si serta pejabat terkait lainnya. ***

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Sulteng

Berita terkait