Untad Gelar Dies Natalis ke-40 Secara Daring

  • Whatsapp
Dok: SS Dies Natalis Untad ke-40 Secara Daring
banner 728x90

Palu,- Universitas Tadulako (Untad) menggelar peringatan Dies Natalis ke 40 pada Rabu (18/8/2021). Kegiatan ini dilakukan secara virtual dikarenakan pandemi Covid 19 yang belum usai. Ketua panitia Dies natalis 2021 Dr Rahmat Bakri mengungkapkan bahwa  Dies Natalis kali ini mengangkat tema “Untad Tangguh Menghadapi Pandemi Covid-19 Untuk Tumbuh Mengemban Tri Dharma”.

“Tema ini sejalan dengan tema peringatan hari kemerdekaan RI ke 76 Tahun 2021 yakni Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Artinya, saat ini meski berada dalam situasi pandemik kita tidak boleh menyerah dan berpasrah diri” kata Rahmat Bakri.

Dalam pidato Dies Natalisnya, Rektor Universitas Tadulako, Prof Mahfudz mengatakan, bahwa Peringatan Dies Natalis yang dilaksanakan hari ini adalah cara untuk merawat ingatan akan jasa-jasa yang telah ditorehkan para perintis berdirinya Untad.

“Kita sepenuhnya sadar bahwa universitas ini pernah dicita-citakan lalu diperjuangkan. Universitas ini pernah dirintis hingga tumbuh dan berkembang seperti saat ini. Pada setiap fase pertumbuhan dan perkembangan itu, terdapat jejak karya dan pengabdian dari mereka yang pernah diamanahi menakhodai universitas ini.   Tugas kita sekarang adalah melanjutkan cita-cita mulia para perintis dan pemimpin-pemimpin universitas terdahulu” kata rektor.

Selama empat dekade, lanjut rektor, ada berbagai dinamika yang terjadi di Untad terlebih disaat pandemi seperti saat ini. Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa Untad tetap harus memastikan penyelenggaraan pendidikan berlangsung sesuai dengan standard mutu yang baik meskipun dilakukan dengan mengadaptasi kebiasaan baru seperti sistem pembelajaran online. 

Rektor juga mengapresiasi keberhasilan Untad yang tetap mampu meraih berbagai prestasi meski diliputi berbagai bencana sejak gempa 2018 hingga saat ini dalam situasi pandemi

“Kita patut berbahagia, sebab dalam situasi yang sulit sejak bencana gempa bumi tahun 2018, yang berlanjut pada Pandemi Covid-19, kita masih mencetak prestasi dalam berbagai hal. Sejumlah program studi berhasil memperoleh akreditasi A dan beberapa mahasiswa kita berhasil meraih prestasi yang gemilang, baik pada tingkat nasional bahkan internasional. Semua capaian ini berhasil kita peroleh berkat kerja sama, kerja keras, keikhlasan, dan ketekunan kita semua dalam menjalankan tugas dan amanah yang diemban” kata rektor.

Dalam kesempatan tersebut rektor juga menyampaikan keprihatinan  dan duka yang mendalam atas kepergian sejumlah rekan sejawat dan mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdiannya selama ini di Untad.

Berita terkait