BRI – RMP, Mulai Wujudkan Kredit ke Petani Jagung di Bangkep

banner 728x90

Bangkep,- Program Penanaman Perdana Tanaman Jagung Kerjasama RPM dan BRI dan Masyarakat  di Desa Tongkudau Banggai Kepulauan dihadiri yang dihadiri Wakil Gubernur Drs. Mamun Amir yang didampingi Ibu Wakil Ketua TP.PKK, Bupati Banggai Kepulauan dan Ketua TP.PKK Kab. Banggai Kepulauan berjalan sukses.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Faisal Mang, Plt. Stap Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura, Plt. Kepala Bappeda Dr. Suandi, Plt. Karo Umum, Mualif,  Ketua DPRD dan Forkopimda kab.Bangkep, Kamis (07/10/2021).

Baca Juga

Ketua Koperasi RPM Mahfud Masuara dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa keberadaan Koperasi RMP saat beranggotakan 400 Orang lebih di Kabupaten Bangkep dan Anggota RMP  saat ini sudah berjumlah 4.000 Anggota dan RMP saat ini sudah ada pada 12 Kabupaten dan  Kota Palu.

Sejak dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur sulawesi tengah telah menandatangani MOU dengan Ceo BRI Manado dalam rangka pemberian Kredit untuk UMKM sebesar 5 T. Untuk itulah RMP mendorong pemanfaatan Kredit UMKM untuk pengembangan pertanian khusus peningkatan produksi Jagung dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Mahfud Masuara menyampaikan bahwa RPM didirikan setelah terjadinya Bencana Alam 28 September 2021 untuk melakukan kegiatan pada bidang kemanusiaan dan bidang  pemberdayaan. Sementara pendiri RPM yaitu Rusdy Mastura dan pada konteslasi Pilkada RPM merupakan bagian dalam pemenangan Rusdy  Mastura dan Mamun Amir dengan dukungan suara anggota RPM sebayak 130.000 anggota.

Sementara itu Bupati Banggai Kepulauan Rais Adam dalam sambutannya menyebutkan, jika Pemerintah kabupaten bangkep dan masyarakat menyambut baik program pemberdayaan Masyarakat Banggai Kepulauan melalui produktivitas tanaman jagung dan akan mendukung pemberdayaan masyarakat melalui program Pemerintah Provinsi, Koperasi RMP dan BRI.

Kami sangat bersyukur bisa bersama Wakil Gubernur dan Ibu Wakil Ketua TP. PKK, dan Ketua Relawan RMP untuk melakukan Penanaman Perdana Jagung dengan harapan dapat meningkatkan Perekonomian dan kesejahteraan masyarakat bangkep, ungkap Bupati Bangkep.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Mamun Amir menyampaikan bahwa Program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur sesuai Visi dan Misi yang sudah ditetapkan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi pengangguran, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan Ekonomi masyarakat melalui pemberian kredit bunga ringan dan kredit tampa agunan dibawah 100 juta.

Bantuan Kredit ini sesuai MOU yang sudah disepakati Gubernur dan Ceo BRI wilayah Manado, maka untuk itu diharapkan kepada Bupati agar mendorong masyarakat agar memanfaatkan program ini agar peningkatan kesejahteraan masyarkat kita bisa meningkat.

Selanjutnya untuk program prioritas selanjutnya adalah Pendidikan Gratis tahun depan seluruh pungutan pendidikan sudah tidak ada. Selanjutnya peningkatan Infrastruktur Untuk mendukung daerah sulawesi tengah menjadi daerah penyangga ibu Kota negara baru. Infrastruktur jalan wilayah Banggai Bersaudara tahun 2022 semoga bisa terselesaikan dan juga realisasi pembangunan Jembatan Penghubung Wilayah Banggai Kepulauan dan Banggai Laut tahun 2022 untuk perencanaannya sudah dianggarkan sebesar 5 M .

Selanjutnya untuk percepatan Pembangunan dan pemerataan pembangunan solusinya adalah program 100 M/Tahun/Kabupaten dan Kota. Sehingga untuk peningkatan Infrastruktur jalan di banggai bersaudara kita harapkan bisa terbangun.***

Sumber: Biro Admpim Pemprov Sulteng

Berita terkait