Kota Palu Rawan Bencana Kebakaran, Tapi Minim Armada

  • Whatsapp
banner 728x90

Kedepanya, pihak Damkar Kota Palu akan melakukan pengadaan pos kebakaran di setiap kecamatan. Karena jumlah pos tersedia saat ini, hanya berada di Kecamatan Palu Barat dan Tawaili.
Lebih jauh, dia menyebut grafik kasus kebakaran di Kota Palu pada tahun 2021, mengalami peningkatan dibanding tahun 2020.

Kebakaran yang terjadi pada tahun 2020, sebanyak 143 kasus. Sementara, tahun 2021 berjumlah 172 kasus.
Penyebab terjadinya kebakaran lanjut Ano, dipicu oleh adanya korsleting atau hubungan arus pendek arus listrik. Selain itu juga disebabkan kebocoran tabung gas, kompor hingga pemantik api yang dinyalakan oleh anak-anak.
Dinas pemadam kebakaran Kota Palu juga telah melakukan kerjasama (MOU) bersama Pemerintah Kabupaten Sigi. Dalam hal penanganan kebakaran dan penyelamatan.

Namun katanya, dalam poin Memorandum of Undrstanding (MOU) tersebut, Damkar Kota Palu hanya menangani kebakaran dari batas wilayah, sejauh 7,5 kilometer dari titik kebakaran.

“Penandatanganan MOU dengan Kabupaten Sigi telah dilaksanakan. Untuk operasionalnya, sesuai SOP Nasional, jarak lokasi pemadaman kebakaran dari perbatasan antara Kota Palu dan Sigi, hanya 7,5 km saja. Dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit,” jelasnya. ***

reporter : Firmansyah Lawawi

Berita terkait