Usai Ketua MPR, Kini Komisi VII Bicara Soal PT Vale, Ini Sikapnya

  • Whatsapp
banner 728x90

Morowali,- Panitia Kerja (Panja) Komisi VII DPR-RI mengapresiasi dan mendukung komitmen PT Vale dalam mendorong hilirisasi di sektor pertambangan. Hal itu terungkap dalam kunjungan kerja yang dilakukan Panja Komisi VII, areal operasional PT Vale di Pulau Sambalagi, Morowali, Kamis (17/11/2022).

Kedatangan tim Panja Komisi VII dipimpin oleh Lamhot Sinaga dan diterima jajaran manajemen PT Vale, yakni Presiden Direktur PT Vale Febriany Eddy, Wakil Presiden Direktur Adriansyah Chaniago, serta hadir pula Sekkab Morowali Yusman Mahbub sebagai perwakilan Bupati Morowali.

Dalam kunjungan tersebut, Lamhot Sinaga mengatakan, pembangunan smelter di Sambalagi harus didukung karena akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, diantaranya penyerapan tenaga kerja mencapai 60 ribu dengan mengutamakan masyarakat lokal.

Untuk itu, ia menyampaikan dukungannya kepada PT Vale yang begitu serius dalam melakukan hilirisasi nikel dengan smelter yang akan dibangun di Sambalagi. “Smelter yang akan dibangun ini merupakan smelter yang green energi kami di komisi VII sangat mendukung itu, sebab kita akan masuk dalam transisi energi pada tahun 2050, untuk itu semua smelter kami dorong menjadi green energi, kita sangat bersyukur PT Vale serius membangun smelter yang green energi, sehingga hilirisasi yang dilakukan oleh PT Vale sangat kita dukung dan apresiasi” urainya.

Lamhot Sinaga menuturkan, berdasarkan informasi dari Pemkab Morowali jika kehadiran smelter mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di Morowali, hal ini tentu berbeda dari informasi yang selama ini diperolehnya.

Berita terkait