Palu Punya Taman Nasional Keren !!! Ini Filosofinya Kata Wali Kota

  • Whatsapp
Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE menandatangani prasasti Revitalisasi Taman Nasional Kota Palu, Jalan St. Hasanudin, Kota Palu. Kamis, (29/12/2022). FOTO: Prokopim Setda Kota Palu.
banner 728x90

Ia menjelaskan ada beberapa hal alasan dirinya merevitalisasi Taman Nasional dengan konsep yang ada, dimana sesuai pesan Bung Karno Presiden RI pertama adalah Jas Merah atau Jangan Sekali-sekali Meninggalkan dan Melupakan Sejarah.

Taman Nasional merupakan taman yang mendeklarasikan Kota Palu masuk dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekitar 6 dekade yang lalu atau 60an tahun yang lalu.

“Ini menunjukkan bahwa Taman Nasional ini merupakan taman yang memiliki sejarah khusus bahwa di taman inilah diproklamasikannya Kota Palu masuk dalam NKRI. Sehingga diharapkan konsep taman ini adalah taman yang inklusif, integratif, dan kontekstual,” jelasnya.

Ia mengatakan dari lingkungan yang dapat dilihat bahwa Taman Nasional menyiapkan ruang yang sangat terbuka bagi masyarakat, tidak mengenal usia baik anak-anak, remaja, orang tua, bahkan Lansia pun juga bisa memanfaatkan taman ini dalam segala aktivitas.

Di Taman Nasional ini juga diletakkan beberapa catatan-catatan sejarah yang ditempelkan di dinding-dinding taman yang dapat dilihat oleh masyarakat.

Wali Kota menjelaskan filosofi properti yang ada di taman tersebut yang terdiri dari kolam air melingkar dan ditengahnya berdiri sebuah tugu berbentuk lingkaran spiral.

Kolam air melingkar, katanya bermakna kesejukan. Dimana Kota Palu adalah kota yang panas namun dengan kesejukan hati dari masyarakatnya maka akan menyejukkan kota ini yang letaknya sangat dekat dengan garis khatulistiwa.

Berita terkait