Siapkan Pasar Wisata IKN, Sulteng Bangun Kota Sunset Wisata di Donggala

  • Whatsapp
banner 728x90

DONGGALA,- Merah matahari membuka senja. Tanda malam menyapa. Air laut berubah keperak-perakan disiram separoh mentari. Sepanjang Sunset pulang, bisa dinikmati di tepian pasir putih terang di sepanjang Tanjung Karang, pusat laut di Banawa Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

Potensi wisata bahari dikembangkan Pemerintahan Provinsi sebagai Destinasi Wisata Dunia menyiapkan diri sebagai penyangga Ibukota Negara Nusantara (IKN). Dana awal disiapkan Jalan Lingkar di sekitar lokasi Wisata Kota Sunset sebesar Rp70 miliar. Dikerjakan dengan multi-years.

Kota Sunset nantinya dirancang oleh konsultan luar negeri dan profesional pengembangan wisata bahari dunia. ‘’Kita buat dengan sangat profesional peta wisata dunia Kota Sunset di Donggala. Bila peta wisata bahari telah ada kita akan mudah merencanakan dan memprioritaskan dibangun. Kita ingin perencanaan Kota Sunset sebagai destinasi turis mancanegara setelah atau sebelum dari IKN. Di Kalimantan tidak seindah ini. Kita akan menjadi destinasi. Peluang ini saudara – saudara pimpinan OPD mesti jeli melihat,’’ terang Gubernur Sulteng Rusdy Mastura ketika meninjau lokasi 23 Januari 2023.

Gubernur didampingi sejumlah pimpinan OPD tehnis, staf ahli dan tenaga ahli gubernur meninjau beberapa spot – spot keindahan Sunset di Pusentasi Boneoge Banawa. Ia juga melihat langsung jalan lingkar yang akan disiapkan untuk membuka akses dan infrastruktur. ‘’Negeri yang cantik dengan keindahan pantai, pasir putih, sunset, alami akan menggoda semua turis. Kita butuh desain profesional sehingga tak lagi ke Kuta Bali. Ada Kota Sunset Donggala,’’ tandas Cudi. ***

editor : andono wibisono

Berita terkait