Daftar Sembilan Makanan Enak Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Lemot

  • Whatsapp
Ilustrasi. Minuman kemasan, salah satu minuman dan makanan yang bikin lemot. (Istockphoto/monticelllo)
banner 728x90

7. Karbohidrat olahan

Nasi putih, roti putih, pasta putih, dan karbohidrat olahan lainnya dengan indeks glikemik tinggi tidak hanya menyebabkan lonjakan besar gula darah, tetapi juga menjadi makanan yang buruk untuk otak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2015 menemukan bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan risiko depresi pada wanita pascamenopause.

8. Margarin

Lemak trans sering ditemukan di dalam produk hewani seperti margarin.

Melansir Healthline, terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman tersebut bisa berisiko tinggi mengalami Alzheimer dan demensia.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi lemak trans bisa menyebabkan penurunan kognitif, membuat volume otak lebih rendah, dan kemampuan mengingat yang buruk.

9. Ikan bermerkuri

Ikan adalah salah satu makanan sehat yang kerap direkomendasikan untuk dikonsumsi. Tapi, ikan yang mengandung merkuri tinggi justru buruk untuk otak.

Beberapa ikan yang dianggap mengandung merkuri tinggi adalah ikan todak, marlin, hiu, hingga tuna. Merkuri merupakan racun saraf dan logam berat.

Ikan sangat rentan terhadap akumulasi merkuri, dan dapat membawa lebih dari satu juta kali konsentrasi air di sekitarnya.

Efek keracunan merkuri antara lain terganggunya neurotransmitter dan sistem saraf pusat serta stimulasi neurotoksin, yang akibatnya bisa merusak otak. ***

Editor/Sumber: Riky/Detik.com

Berita terkait