Panas! Tanya Jawab Prabowo Bahas Soal Solusi Damai Rusia-Ukraina

  • Whatsapp
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, menyampaikan pidatonya pada Dialog Shangri-La International Institute for Strategic Studies (IISS) ke-20, forum pertahanan dan keamanan tahunan Asia di Singapura, Sabtu (3/6/2023). (fOTO: AP Photo/Vincent Thian)

“Tanya pada Indonesia berapa kali kami diinvasi. Kami tahu peperangan, (sehingga) kami ingin membantu mengakhiri dan ingin membantu (agar perang Rusia-Ukraina berakhir),” ujarnya.

“Tapi sekali lagi ya terserah kepada khalayak umum,” tegasnya.

Sebelumnya, Prabowo sebenarnya memberi lima solusi damai Rusia dan Ukraina. Pertama, Prabowo mengusulkan gencatan senjata.

Lalu kedua, ia meminta mundurnya masing-masing negara yang bertikai 15 kilometer ke baris baru (belakang) dari posisi depan masing-masing negara saat ini. Ketiga, ia pun meminta keterlibatan pasukan pemantau dan PBB di sepanjang zona demiliterisasi baru kedua negara.

Keempat, ia juga mengusulkan pasukan pemantau dan PBB itu terdiri dari kontingen negara-negara yang disepakati. Kelima, ia meminta PBB harus mengorganisir dan melaksanakan referendum di wilayah sengketa untuk memastikan secara objektif keinginan mayoritas penduduk dari berbagai wilayah sengketa.

Berita terkait