Pemerintah Diminta Transparan Soal Uji Lab PT CPM Tambang Emas Kota Palu

  • Whatsapp
Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu meninjau langsung air di lubang Tambang Poboya, Kecamatan Mantikulore. Dalam peninjauan itu, tim DLH Palu menemukan beberapa fakta terkait genangan air di lubang Tambang Emas itu.

Sulteng,— Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengatakan telah mengirim surat ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu pada 30 Agustus 2023.

Surat tersebut adalah perihal untuk meminta hasil uji laboratorium yang dilakukan DLH terhadap genangan air bekas lubang tambang emas milik PT. Citra Palu Mineral (CPM), dengan nomor surat; 15/ED/Walhi Sulteng/VIIl/2023.

Departemen Advokasi Walhi Sulteng, Wandi menduga tambang emas di Kelurahan Poboya, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu melakukan pencemaran lingkungan. Menurutnya, air genangan bekas lubang tambang PT CPM, hingga mengairi sungai Pondo sudah berubah warna.

“Maka permintaan itu untuk dilakukan uji laboratorium atas air genangan yang berada di bekas lubang tambang PT CPM, apakah mengandung zat racun atau tidak?,” katanya, kepada herald.id Rabu 06 September 2023.

Terhitung sudah 14 hari DLH Kota Palu telah melakukan pengambilan sampel air. Kata Wandi, sampai saat ini DLH belum mempublikasi hasil uji laboratorium-nya sebagai lembaga publik.

Berita terkait