Kota Palu di Urutan Pertama Kualitas Udara Paling Baik Secara Nasional

  • Whatsapp
Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid (tengah) menyampaikan sambutannya pada peringatan puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tingkat Kota Palu, di Palu, Minggu (12/11/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu.

Sebagai kota sedang, volume lalu lintas kendaraan di Palu masih terbilang normal, selain itu Palu juga belum memiliki industri besar, karena salah satu faktor mempengaruhi kualitas udara dan polusi meningkat adalah jumlah kendaraan bermotor berlebihan dan mininya ruang terbuka.

“Alhamdulillah, Kota Palu masih memiliki RTH yang cukup. Semakin banyak RTH di siapkan pemerintah, semakin baik terhadap lingkungan, karena fungsi pohon-pohon yang ada menyaring karbon dioksida yang dilepaskan kendaraan, pabrik maupun aktivitas lainnya,” tutur Hadianto .

Menurut Walikota Palu, menjaga eksistensi lingkungan yang sehat perlu kolaborasi bersama lintas sektor, baik pemerintah antar-pemerintah, pemangku kepentingan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) maupun warga secara keseluruhan.

Ia menilai warga di daerah itu mulai tertib menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan hingga tidak memarkir kendaraan di atas trotoar.

“Dengan indeks kualitas udara yang baik, secara tidak langsung lingkungan Kota Palu juga sehat,” kata dia. ***

Editor: Riky Renaldi

Berita terkait