Danau Toba Masuk Rekomendasi New York Times Jadi Destinasi Wisata Pilihan 2024

  • Whatsapp
Foto: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov Sumatra Utara

Situs Warisan Dunia

Dengan luas lebih kurang 1.145 kilometer persegi kedalaman 450 meter, danau ini merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia. Saking luasnya, danau ini tampak mirip dengan lautan.

Kaldera Danau Toba yang menakjubkan ditetapkan situs warisan dunia UNESCO pada 2020. Menurut penelitian, Kaldera Danau Toba terbentuk karena adanya tiga tahapan letusan yang dimulai sekitar 800.000 – 900.000 tahun. Letusan terakhir terjadi sekitar 74.000 lalu yang membentuk Kaldera Danau Toba yang ada saat ini.

Di sini wisatawan tak hanya bisa menikmati wisata alam, tetapi juga wisata budaya. Danau Toba dikelilingi oleh sejumlah kampung adat dengan penduduk yang masih menjalankan tradisi.

Selain Danau Toba, ada banyak pilihan lain yang direkomendasikan New York Times untuk traveling tahun ini. Bagi wisatawan yang suka bertualang, ada dunia bawah laut di Hurghada, Mesir, namun bagi mereka yang mencari kedamaian dan relaksasi mistis, ada Salar de Uyuni, dataran garam terbesar di dunia. ***

Sumber: Tempo.co

Berita terkait