INFO BANJIR DONGGALA : 200 Unit Rumah Terendam Banjir di Desa Lalundu

  • Whatsapp
Rumah warga terendam banjir di Desa Lalundu, Kabupaten Donggala, Kamis (4/1/2024). (ANTARA/HO-Dokumentasi BPBD Sulteng)
banner 728x90

Palu,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mencatat sebanyak 200 unit rumah warga yang berada di Desa Lalundu, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, terendam banjir.

“Banjir terjadi pada Kamis sore, sekitar pukul 17.00 Wita yang merendam ratusan rumah warga,” kata Kepala Pelaksana BPBD Sulteng Akris Fattah Yunus, di Palu, Kamis (4/1/2024) malam.

Yunus juga menjelaskan bahwa peristiwa banjir terjadi di tiga dusun yakni di Dusun Dua, Dusun Empat dan Dusun Lima di Desa Lalundu yang disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan air Sungai Lalundu meluap sehingga merendam permukiman warga dan fasilitas umum.

Menurut dia, setelah mendapatkan informasi dari aparat desa setempat, koordinasi segera dilakukan dengan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Donggala untuk ke lokasi banjir dan melakukan asesmen.

“Selain 200 unit rumah terendam, banjir juga merendam satu unit puskesmas, dua unit sekolah, dua unit masjid, dan satu jembatan rubuh,” ujarnya.

Berita terkait