Lima Keutamaan Bulan Ramadhan yang Tidak Ada di Bulan Lain

  • Whatsapp
Ilustrasi keutamaan bulan Ramadhan. Foto: Getty Images/iStockphoto/pinnacleanimates

2. Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

Selain dijelaskan pada surah Al Baqarah ayat 185, peristiwa penurunan Al-Qur’an di bulan Ramadhan juga dijelaskan dalam hadits.

Diriwayatkan dari Wailah bin Asqa’, sesungguhnya Nabi SAW bersabda, “Telah diturunkan shuhuf Nabi Ibrahim pada awal malam bulan Ramadhan, dan diturunkan Taurat pada tanggal 6 Ramadhan, dan diturunkan Injil pada tanggal 13 bulan Ramadhan, dan diturunkan Zabur pada 18 Ramadhan, dan diturunkan Al-Qur’an pada 24 Ramadhan.” (HR Ahmad dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Hadits ini dinukil Imam As-Suyuthi dalam Al-Itqan fi’Ulumil Qur’an)

3. Bulan yang Diwajibkan Puasa

Pada bulan Ramadhan, umat Islam yang telah memenuhi syarat wajib puasa diwajibkan untuk berpuasa. Hal tersebut diriwayatkan dalam hadits.

“Bulan yang penuh berkah telah datang kepada kalian. Allah telah mewajibkan puasa di bulan itu kepada kalian. Di dalamnya, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya, ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Siapa saja yang tidak mendapat kebaikannya, ia benar-benar tidak mendapat kebaikan. “

Berita terkait