Menakar Balon Wagub Rusdy Mastura ‘Sangganipa’ Siapa Kuat?

  • Whatsapp

Ada nama Wakil Gubernur sekarang Ma’mun Amir. Masih ada pendukungnya di inner circle Cudy, sapaan Rusdy Mastura. Ada pula nama Moeljono mantan pejabat Pemprov Sulteng yang sejak pensiun getol menebar baliho dan flyer.

Selama duet, minim konflik terekspos ke publik. MA, selalu menyebut tak mau jadi matahari kembar. Namun friksi yang bergesekan di birokrasi membawa nama MA pun pernah terjadi. Potensi politiknya masih diperhitungkan. Terbukti mampu ‘mengawal’ sukses lolos DPD RI Andika. Baground PNS seorang MA dapat mengimbangi lemahnya tata aturan birokrasi Cudy. Kelemahannya adalah keduanya duet baby boomer kalau terjadi lagi. Kerja keras merebut simpati pemilih Gen Z.

Belakangan ada Aguston Hambuako, mantan TNI berpangkat satu bintang. Putra asli Poso. Dia memperoleh surat tugas DPP Partai Golkar khusus sebagai wakil gubernur. Partai Beringin rimbun akan menyurvei kadernya yang memperoleh surat tugas di Mei, Juni dan Agustus 2024. Bila survei baik maka tidak menutup kemungkinan akan memperoleh rekomendasi yaitu B1 KWK.

Selain itu ada nama sebelumnya, Anwar Hafid. Disebut paling ideal duet dengan Cudy. Bahkan keduanya sangat akrab dan dekat. Belakangan keduanya ada mis komunikasi. Cudy merasa AH, sapaan akrabnya tidak pernah komunikasi lagi dan mendeklarasikan maju di Pilgub. Gubernur dalam wawancara dengan media Al Khaeraat, AH meminta dirinya sebagai Cawagub bila ikut Pilgub kembali. Itu disampaikan AH di rumah kediaman gubernur. Cudy merasa Anwar tak menghormati dirinya sebagai kakak atau yang dituakan.

Namun AH bereaksi sebaliknya. Ia justru mempersepsikan ditugaskan gubernur maju dan dipilihkan pasangan yaitu dokter Renny. Itu yang didengar AH di rumah sakit MMC, Jakarta saat dirinya membesuk gubernur menjalani kemoterapi. Ia bersikukuh ada banyak saksi.

Saya pun ditugasi gubernur untuk mengomunikasikan kesimpang-siuran tersebut yang ramai di media. Depan istri dan adik iparnya, Jelly Rompas via telpon, gubernur Cudy meminta agar dijelaskan secara benar ke publik. ‘’Nanti laporkan dek kalau ada perkembangan,’’ ujar gubernur yang menjelaskan kronologis komunikasi awalnya dengan AH.

Berita terkait