Drawing ASEAN Cup 2024, Timnas Indonesia Gabung Grup Mana Lagi

  • Whatsapp
Perkembangan Timnas Indonesia di panggung Asia dan Dunia menjadikannya tim yang sangat ditakuti di Piala AFF atau ASEAN Cup 2024.

Timnas Indonesia bukan hanya disegani, melainkan lebih ditakuti oleh Vietnam. Bahkan, sudah mulai timbul trauma dalam sebagian pemain tim berjuluk Golden Star Warriors tersebut.

Pasalnya, dalam tiga pertemuan terakhir saat diasuh Philippe Trousier, Timnas Vietnam kalah beruntun.

Setelah 0-1 di Piala Asia 2023 pada Januari lalu, berlanjut dengan kekalahan 0-1 dan 0-3 di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Maret 2024.

Vietnam juga terkesima melihat penampilan para pemain Indonesia itu di Piala Asia U-23 2024.

Kurang-lebih setengah dari skuad yang mengalahkan Australia dan Korea Selatan adalah andalan di Timnas Indonesia yang akan tampil di Piala AFF atau ASEAN Cup ini.

ASEAN Cup 2024 akan bergulir pada 23 November hingga 21 Desember mendatang.

Setiap tim akan menjalani format round-robin di grup masing-masing, yakni melakoni dua laga kandang dan dua laga tandang.

Dari dua grup yang masing-masing berisi lima tim itu, juara dan runner-up lolos ke semifinal. Partai semifinal dan final menggunakan format knock-out setelah dua pertemuan home-away.

Sepanjang turnamen sepak bola nomor 1 Asia Tenggara ini digelar, Thailand menjadi juara terbanyak dengan jumlah tujuh kali.

Singapura juara empat kali, Vietnam dua kali, dan Malaysia satu kali. Timnas Indonesia belum pernah juara, baru sebatas runner-up sampai enam kali. ***

Sumber: Bolasport.com

Berita terkait