Dinas PU Palu Rencanakan Perbaiki 82 Jalan Rusak di 2024

  • Whatsapp

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid menginstruksikan Dinas PU untuk memperbaiki beberapa jalan yang mendesak seperti Jalan Garuda, Tagari Lonjo, Maleo, dan Lelemina.

Jalan Lelemina misalnya, akan diperbaiki sepanjang 230 meter menggunakan beton dengan pagu anggaran Rp1,9 miliar.

Jalan Garuda mendapat pagu anggaran lebih dari Rp10 miliar, sementara Jalan Maleo sekitar Rp8 miliar. Perbaikan yang sangat mendesak juga diperlukan di Jalan Karana di daerah Mamboro.

Aris juga mengungkapkan bahwa jalan-jalan seperti Kimaja, Wahid Hasyim, Durian, Juanda, Jalur Dua, Sisingamangaraja, dan Dewi Sartika merupakan jalan kota yang pengerjaannya dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN).

“Palu mendapatkan bantuan pasca bencana 2018,” tuturnya.

Proyek-proyek ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah, khususnya pascabencana 2018.

Peran Dinas PU Kota Palu dalam proyek ini adalah mengoordinasikan izin penggunaan jalan-jalan dalam kota yang berstatus sebagai jalan provinsi.

Dia menambahkan bahwa untuk tahun depan, perencanaan pengerjaan jalan masih dalam tahap persiapan.

Dia menambahkan bahwa untuk tahun depan, perencanaan pengerjaan jalan masih dalam tahap persiapan.

Aris juga menyoroti masalah saluran air yang sering kali dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. Dia mengingatkan bahwa sampah dan sedimentasi yang menghambat aliran air akan mengurangi usia aspal jalan.

“Jika air keluar dari saluran dan masuk ke aspal, maka usia aspal tidak lama,” tegasnya.

Oleh karena itu kata dia, menjaga kebersihan saluran air adalah hal yang sangat penting dalam proyek perbaikan jalan.

Dengan berbagai proyek yang sedang dan akan dilaksanakan, sinergi antara pemerintah pusat dan daerah diharapkan dapat memperbaiki infrastruktur jalan di Kota Palu secara signifikan, memberikan manfaat besar bagi masyarakat setempat. ***

Berita terkait