IMIP Gunakan Loader Listrik untuk Turunkan Emisi Karbon

  • Whatsapp

Di tempat yang sama, General Manager DSI Wang Sanbo mengatakan, 10 unit loader listrik model XCMG XC968-EV ini akan menjadi pilot project dari program energi baru terbarukan di DSI. Di tahun depan, kata dia, akan ditambah lagi dengan unit yang sama sebanyak 31 unit secara bertahap.

“Pada saat itu, DSI akan mengurangi emisi karbon sebanyak 9.245 ton per tahun, sehingga DSI benar-benar melakukan bisnis yang menguntungkan semua pihak. DSI sendiri, menganut konsep pembangunan ramah lingkungan dari Delong Steel Group,” kata Wang Sanbo.

Sementara, Project Director XCMG Indonesia Li Lei mengatakan, penggantian unit alat berat yang digunakan di DSI ini, memiliki efek yang sangat baik untuk mengurangi emisi karbon di masa mendatang.

“Ini dapat mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 3.000 ton per tahun. Setara dengan efek pengurangan karbon dari penanaman 8.000 pohon,” jelasnya.

Perlu diketahui, PT IMIP adalah perusahaan yang mengelola kawasan industri berbasis nikel yang terletak di Morowali, Sulawesi Tengah. Perusahaan ini terintegrasi dengan produk utama yang dimiliki berupa nikel, stainless steel dan carbon steel, dan yang terbaru adalah bahan baku baterai kendaraan listrik.

Tak hanya itu, PT IMP juga memiliki industri pendukung yang mulai terentang dari coal power plant, pabrik mangan, silikon, chrome, kapur, kokas, dan lainnya, hingga pelabuhan dan bandara.

Kawasan Industri IMIP adalah kerja sama antara perusahaan BintangDelapan Group dari Indonesia dengan perusahaan Tsingshan Steel Group dari negara Cina. Tsingshan Group sendiri adalah perusahaan terbesar di dunia yang bergerak dalam bidang pengolahan nikel dan sudah menguasai teknologi pengolahan yang lengkap dengan teknologi yang maju dan modern. ***

Sumber: Imip.co.id

Berita terkait