Pengusaha Tambang Galian C Palu yang Tidak Komitmen akan Ditindak Tegas

  • Whatsapp

Wali kota mengatakan, walaupun penambangan itu sangat kontras dengan hal-hal kerusakan alam, tapi dirinya berharap pihak perusahaan tambang dapat menunjukkan sisi humanis terhadap lingkungan.

“Harusnya itu bisa ditunjukkan kita bersama. Kalau tidak seperti itu, kalau juga tidak merasa tanggungjawab atas hal itu, lebih parah lagi,” ungkap wali kota.

Wali kota menyatakan, dirinya tidak tahu bagaimana rasa cintanya pemilik perusahaan tambang kepada Kota Palu dan masyarakatnya.

Bukan berarti mereka berasal dari luar Kota Palu, justru tidak memperhatikan hal-hal itu.

Kalau tidak diperhatikan, tegas wali kota, dirinya juga akan melakukan langkah-langkah cerdas.

“Saya tidak masalah kalau bapak ibu tadak nyaman dengan itu, justru pindah ke daerah lain. Tapi karena di Kota Palu, saya minta itu diperhatikan, apa yang menjadi tanggungjawab sosial dan moril kita kepada mayarakat,” tekan wali kota.

Olehnya, yang diundang hari ini adalah para direktur atau seluruh mereka yang punya kewenangan untuk mengambil keputusan.

Karena, kalau bukan direkturnya, kata wali kota, itu akan susah lagi dan akhirnya komitmen yang sudah dibangun, tidak berjalan lagi.

“Olehnya teman-teman yang direkturnya belum datang, saya tidak akan layani. Karena yang lain sudah jauh-jauh utk datang ke Palu. Ini menunjukkan keseriusan dan waktu sudah cukup dari hari Senin. Saya tidak ulur, karena sy tau berapa kerugian kalau saya hentikan dalam waktu terlalu lama,” ungkap wali kota.

Wali kota menyatakan, langkah ini diambil supaya para pengusaha tambang galian C betul-betul serius.

Di samping itu, Pemerintah Kota Palu juga bisa melakukan langkah-langkah yang tegas dan keras kepada para pengusaha tambang, jika tidak mengindahkan komitmen yang telah disepakati sebelumnya.

Wali kota kembali menekankan agar komitmen tersebut harus dilaksanakan para pengusaha tambang, sebagai bentuk konsekuensi dari penggunaan ruang pemerintah terkhusus crossing jalan. ***

Sumber: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palu

Berita terkait