Aksi Peduli Sungai Diapresiasi, Gubernur: Sulawesi Tengah Alamnya Indah dan Banyak Misteri

  • Whatsapp

Jejak penyebaran Islam tertua di Nusantara yang dibawa oleh Imam Syaban di Banggai Kepulauan sekitar abad ke-8 Masehi.

Sementara itu Pulau Walea di Touna kata gubernur memiliki korespondensi dengan lahirnya teori Darwin abad ke-19.

“Kira-kira ini yang perlu (dilakukan) penelitian dan Insyaallah 2025 kita anggarkan untuk itu,” terang gubernur untuk melakukan riset tentang Megalit, jejak Imam Syaban dan lainnya.

Dengan peningkatan PAD sampai 2,184 Triliun Rupiah (Juni 2024) dalam tempo tiga tahun kepemimpinan bersama Wagub Ma’mun Amir maka gubernur berharap perangkat daerah kreatif dan inovatif dalam mencetuskan program-program visioner untuk optimalisasi pembangunan negeri seribu Megalit.

“Banyak yang harus diangkat dari Sulawesi Tengah, bukan hanya (pertumbuhan) ekonominya tapi bidang lain misalnya Tojo una-una sebagai prioritas pariwisata Sulawesi Tengah,” sebutnya menegaskan.

Di kesempatan itu, Gubernur Rusdy Mastura dan Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si melakukan penanaman pohon sebagai bagian dari aksi peduli sungai.

Selanjutnya dilakukan kegiatan bersih-bersih sungai oleh peserta kegiatan yang terdiri dari perangkat daerah, pelajar dan mahasiswa, komunitas pecinta alam dan masyarakat.

Turut hadir Bupati Tojo Unauna Mohammad Lahay, S.E, M.M, Staf Ahli Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura, S.Sos, M.Si, forkopimda Touna dan kepala OPD provinsi.

Diantaranya Kadis Bina Marga dan Tata Ruang Dr. Ir. Faidul Keteng, ST., M.Si., M.T, Kepala Badan Pendapatan Drs. Rifki Anata Mustaqim, M.Si, Kadis Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Abd. Haris Karim, M.M, Kadis Kehutanan Muh. Neng, S.T., M.M, Kadis Pangan Ir. Iskandar Nongtji, S.T., M.M, dan Kadis Pariwisata Ekonomi Kreatif Dra. Diah Agustiningsih, M.Pd. ***

(Ro Adpim Setdaprov Sulteng)

Berita terkait