Menkominfo sebut Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di IKN Siap Digelar

  • Whatsapp
Penampakan proyek Istana Negara dan Lapangan Upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (5/6/2024). Hari ini Presiden Jokowi akan mulai berkantor di IKN dan telah menyiapkan sejumlah agenda rapat. (Foto: Tangakapan Layar Youtube Setpres)

Pemerintah mencatat di IKN akan ada sebanyak 1.300 orang yang mengikuti upacara. Beberapa di antaranya seperti para Presiden RI dari periode-periode sebelumnya, pimpinan lembaga tinggi negara, menteri dari Kabinet Indonesia Maju, tokoh masyarakat, hingga pekerja yang memang bekerja di IKN.

Sebelumnya, dari sisi infrastruktur, Menkominfo juga menyatakan bahwa kesiapan jaringan telekomunikasi di IKN untuk perayaan HUT ke-79 RI telah dilakukan.

“Kami pastikan jaringan telekomunikasi di IKN siap jelang upacara Hari Kemerdekaan RI. Masyarakat di Kalimantan Timur maupun daerah-daerah lainnya dapat mengikuti upacara di IKN melalui siaran langsung,” kata Budi Arie Setiadi di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (14/8).

Pemerintah dalam penyediaan jaringan telekomunikasi didukung Telkom karena Telkom merupakan pemegang hak perlintasan dan anak usahanya, Telkomsel, telah melakukan inagurasi (rehearsal) infrastruktur telekomunikasi di IKN.

Tidak hanya itu, operator seluler lainnya juga telah menyediakan layanan telekomunikasi dengan infrastruktur sementara.

Layanan dari operator-operator seluler lainnya bersifat sementara dengan penyediaan mobile Base Transceiver Station (BTS) maupun fiber optik aerial yang telah disiapkan untuk melayani beberapa lokasi proyek pada masa konstruksi maupun acara tertentu. ***

Sumber: antaranews.com

Berita terkait