Pemkab Banggai Siap Salurkan Bantuan Dari Program SJSP Sektor Perikanan

  • Whatsapp
FOTO: PROKOPIM PEMKAB BANGGAI

Tak hanya di sektor perikanan, program SJSP juga menyasar sektor pertanian dan peternakan.

“Kalau ini menjadi gerakan ekonomi yang masif, maka akan lahir yang namanya kampung lele, kampung tomat, kampung cabai, kampung terong, dan lain sebagainya. Begitulah konsepnya. Makanya program ini harus diikuti dengan program BUMDes yang dimaksudkan sebagai tempat untuk menampung dan memasarkan hasil panen warga,” tutur Bupati Amirudin.

Dia mengatakan, gagasan awal program SJSP ditujukan untuk semua lapisan masyarakat. Namun, setelah melakukan asistensi di Pemprov Sulawesi Tengah, program ini hanya diperbolehkan untuk warga kurang mampu yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Bupati Amirudin mengklaim bahwa program Satu Juta Satu Pekarangan berhasil menghapus kemiskinan ekstrem di Kabupaten Banggai.

“Pemerintah pusat menargetkan, pada tahun 2024 tidak ada lagi kemiskinan ekstrem. Namun, Kabupaten Banggai itu sudah nol persen untuk kemiskinan ekstrem di tahun 2023,” ujarnya.

“Oleh sebab itu, program ini akan tetap kita lanjutkan sehingga apa yang menjadi cita-cita kita membangun Kabupaten Banggai yang maju, mandiri, dan sejahtera ini bisa kita capai,” tuturnya.

Dia berharap, kedepan, program SJSP sektor perikanan tidak hanya lele, tetapi juga budidaya udang vaname, khususnya bagi masyarakat pesisir.

“Kalau belum bisa tahun ini, mudah-mudahan tahun depan, dimulai dengan satu kampung percontohan,” kata dia. ***

Sumber: rri.co.id

Berita terkait