Presiden Turki Erdogan Serukan Pembentukan Aliansi Islam Lawan Israel

  • Whatsapp
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Reuters)

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, dengan cepat menepis tuduhan bahwa negaranya menginginkan tentang konflik Timur Tengah yang lebih luas, dengan mencapnya sebagai “kebohongan dan hasutan yang berbahaya”.

Dia bersikeras bahwa Israel hanya membela diri dari Hamas, serta dari apa yang dia sebut sebagai “poros kejahatan Syiah” yang dipimpin oleh Iran. “Erdogan terus melemparkan rakyat Turki ke dalam api kebencian dan kekerasan demi teman-teman Hamas-nya,” tulis Katz dalam sebuah posting di X, yang dikutip Ahad (8/9/2024).

Presiden Turki telah lama menganggap dirinya sebagai pelindung utama Palestina, membuat pernyataan yang semakin bermusuhan yang ditujukan ke Israel di tengah konflik antara Israel dan Hamas yang telah berlangsung sejak 7 Oktober 2023.

Pada bulan Juli, Erdogan bahkan mengancam akan langsung menginvasi Israel terkait konflik Gaza, sementara Israel memperingatkan bahwa pemimpin Turki pada akhirnya dapat berakhir seperti Saddam Hussein jika dia terus menggunakan retorika seperti itu. ***

Sumber: sindonews.com

Berita terkait