Kenalkan Kebudayaan Sedini Mungkin

  • Whatsapp

PARMOUT,- MEMPERKENALKAN Kebudayaan melalui sanggar seni kepada siswa seharusnya sedini mungkin, ini akan menjadi salah satu prioritas utama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parmout. Hal itu diutarakan Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud, Kabupaten Parmout, Eni Susilowati yang ditemui Kaili Post disela-sela persiapan TTG di lokasi Eks sail Tomini, Rabu (20/9).

Dia menjelaskan, sejak Bidang Kebudayaan bergabung pada Dinas Pendidikan, pihaknya telah melakukan pembinaan kesenian di sekolah-sekolah. Tujuannya kata dia, untuk memasukan nilai-nilai tradisi dan kebudayaan daerah dalam bentuk muatan lokal kepada para siswa. Sehingga, dibuatkanlah wadah sanggar seni di sekolah-sekolah yang telah dikunjungi pihaknya.

Muat Lebih

“Hal itu sudah menjadi tugas kami untuk memperkenalkan kembali ciri khas daerah kepada siswa. Bahkan, untuk lebih menanamkan lagi kecintaan para siswa terhadap kebudayaan melalui seni, kami akan lebih banyak lagi melaksanakan ivent pementasan kesenian,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini banyak prilaku siswa yang sangat memprihatinkan dan harus menjadi perhatian. Bahkan, banyak pula siswa yang tidak lagi mengenal kebudayaan di daerah atau wilayah tempat tinggalnya. Dengan adanya wadah sanggar seni di sekolah-sekolah kata dia, para siswa dengan mudah mengenal dan mengetahui kebudayaan hingga keseniannya.

Tidak hanya itu, para guru di sekolah masing-masing dapat pula berperan serta dalam memberikan atau memperkenalkan kebudayaan terhadap siswa. “Sebelumnya, banyak para siswa yang belajar tentang kebudayaan dan kesenian melalui sangar seni umum di luar sekolah. Dengan adanya sanggar seni di sekolah masing-masing, para siswa dengan mudah belajar tentang kebudayaan dan kesenian,” terangnya. **

Reporter/Biro Parmout : Fharadiba

Pos terkait

banner 580x60