Donggala Kembali Gelar Festival Pesona Donggala 2019

  • Whatsapp
banner 728x90

Donggala,- Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala kembali menggelar kegiatan Festival Pesona Donggala 2019. Festival tersebut telah resmi dibuka oleh Gubernur Propinsi Sulawesi Tengah diwakili Kepala Dinas Prop. Sulawesi Tengah Drs. I Nyoman Sriadijaya ditandai dengan penekanan tombol sirene dan dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH. MH bertempat di Anjungan Gonenggati, Kamis (21/11/2019).

Sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah dibacakan Kepala Dinas Pariwisata Drs. I Nyoman Sriadijaya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan rasa gembira serta menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala melalui Dinas Pariwisata Kab. Donggala dan kepada semua pihak atas terselenggaranya Festival Pesona Donggala tahun 2019.

Turut hadir dalam kegiataan tersebut Ketua DPRD Kab. Donggala Takwin, Sektetaris Daerah Kab. Donggala H. Aidil Nur, SH. M. SI, Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Sigi Dra. Diah Agustiningsih M. Pd, Pimpinan OPD Kab. Donggala dan Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Donggala, H. Indotang, S. Sos,

Dengan harapan kegiatan tersebut dapat terus berkelanjutan yang bernilai guna sebagai sarana untuk mengangkat dan mempromosikan industri wisata yang ada di Kabupaten Donggala, sekaligus memberikan efek yang besar terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat .

Oleh sebab itu, program sapta pesona melalui Inpres yang telah diluncurkan sejak tahun 2006 yaitu berkaitan dengan keamanan ketertiban kebersihan keindahan kesejukkan keramahan dan ketenangan, sehingga inilah yang menjadi sisi lain dari kota wisata Donggala yang diharapkan ke depan menjadi salah satu daya tarik masuknya wisatawan ke Sulawesi Tengah.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala Drs. Sajaun, M. Pd menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut untuk memberikan multiplier effect yang besar terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dan pelaku usaha.

Lanjut disampaikannya dalam pelaksanaan kegiatan Festival Pesona Donggala tahun ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 21-23 November 2019 dengan berbagai kegiatan antara lain lomba Fotografi, pameran ekonomi kreatif dan lomba kreasi jajanan pasar tradisional daerah.

Sementara ditempat yang sama sambutan Bupati Donggala dibacakan Wakil Bupati Donggala Moh. Yasin, S. Sos, menyampaikan bahwa Kabupaten Donggala dianugrahi Tuhan yang maha kuasa bukan hanya kekayaan dan keindahan alamnya, tetapi juga Donggala mewarisi beragam budaya adat istiadat masyarakat, yang lahir dan tumbuh dari sejarah panjang Wilayah Kabupaten Donggala.

Akan tetapi dikatakannya bahwa ragam budaya adat istiadat dapat dimaksimalkan untuk menjadi potensi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan tentunya tidak dapat begitu saja memberikan nilai tambah, apabila tidak diiringi dengan upaya yang bersungguh-sungguh dari kita semua.

Untuk itu, Pemkab Donggala melalui Dinas Pariwisata dan bekerjasama dengan seluruh komponen masyarakat, menggelar kegiatan tersebut yang merupakan kegiatan tahunan dengan tujuan untuk mempromosikan Kab. Donggala sebagai destinasi wisata dengan berbagai keindahan dan keunikan alam serta ragam budayanya.

Diakhir sambutannya Wabup berharap dengan adanya kegiatan tersebut, dapat menjadi stimulan untuk menggairahkan dan menumbuhkan kembali aktifitas perekonomian masyarakat, khususnya sektor usaha mikro dan industri rumah tangga yang sempat terpuruk akibat bencana alam beberapa waktu yang lalu.

Dilanjutkan dengan devile festival Donggala tahun 2019 yg dikuti oleh siswa/siswi dari tingkat SMA/SMK, SMP dan SD yang ada di Banawa. ***

Berita terkait