Dinkes Morowali Gelar Jambore Kesehatan Remaja

  • Whatsapp
banner 728x90

Morowali, – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PP dan KB) Kabupaten Morowali, menyelenggarakan Jambore Kader Kesehatan Remaja tingkat Kabupaten Morowali tahun 2019, untuk mensosialisasikan program stunting di kalangan remaja, sekaligus memotivasi para binaan Puskesmas se-Kabupaten Morowali.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari (20-22 Desember 2019), yang mengusung tema “Remaja Gaul, Remaja Sehat, Cegah Stunting Sejak Dini”

Jambore tersebut secara resmi dibuka  oleh Ketua DPRD Morowali, Kuswandi, di halaman Gedung Olah Raga kompleks Bumi Fonuasingko.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes, PP dan KB) Kabupaten Morowali, Azhar M Ma’ruf, dalam pembacaan laporannya menjelaskan bahwa Jambore Remaja Kesehatan yang diikuti 108 peserta binaan Puskesmas se-Kabupaten Morowali itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para kader dalam menjalankan tugas.

Selain peningkatan SDM para kader, juga diharapkan bisa meningkatkan keterlibatan remaja dalam perencanaan pelaksanaan, evaluasi pelayanan kesehatan remaja, serta untuk memupuk kebiasaan hidup sehat agar memiliki pengetahuan sikap dan keterampilan.

Sementara Ketua DPRD Morowali, Kuswandi dalam sambutannya mengatakan, anak usia sekolah dan remaja bukanlah semata-mata sebagai objek pembangunan kesehatan melainkan juga menjadi subjek.

“Anak usia sekolah dan para remaja dapat berperan secara sadar dan bertanggung jawab dalam pembangunan kesehatan, generasi muda atau remaja perlu kita arahkan dan memberikannya kegiatan yang positif untuk menambah wawasan dan pengetahuan” jelasnya.

Kuswandi juga mengajak para peserta kader kesehatan remaja, guru, dan Kepala Puskesmas untuk lebih meningkatkan penjaringan kesehatan melalui usaha kesehatan sekolah dan membentuk Posyandu remaja di desa atau kelurahan.

Menariknya, dalam acara pembukaan tersebut ditampilkan tarian daerah Bali, yang dibawakan oleh sejumlah anak gadis remaja, dan dilanjutkan seluruh peserta dan undangan melakukan senam secara bersama-sama.

Turut hadir dalam pembukaan itu, Danramil 1311/01 Bungku Tengah, Kapten Inf Fakturrahman yang mewakili Dandim 1311/Morowali, Ketua Persit KCK Cabang LXVIII, sejumlah pimpinan OPD Pemkab Morowali, dan undangan umum lainnya.

Reporter: Bambang Sumantri

Berita terkait