Banjir Lengkeka, 14 Bayi berada di Pengungsian

  • Whatsapp
banner 728x90

Poso,- Tim Relawan YPAL Poso kembali merilis kondisi terkini di Desa Lengkeka, Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso. Melalui Situasion Report yang di kirim ke Kailipost.com. Kamis (05/03/2020) Pukul 23:16 Wita.

Irfan Renggah, Koordinator Tim Relawan Tanggap Bencana YPAL Poso membenarkan bahwa ada perubahan data dari Situasion Report yang di kirim satu hari sebelumnya. Sehingga menurutnya penting untuk mempublikasikan kondisi terkini banjir lengkeka ke publik agar semua orang bisa mengetahui situasi di lapangan. Ungkapnya saat di hubungi Via WatsApp

“Dari hasil koordinasi yang dilakukan di posko Logistik bersama Dinas Sosial lewat TAGANA Kab. Poso,dan pemerintah setempat, sudah membuka dapur umum pada tanggal 05 Maret 2020 tepat pagi hari.”

“Sebagai informasi, belum ada relawan pihak luar yang membantu menangani pengungsi, setiap relawan yang datang hanya membantu support logistic.” Katanya

“Adapun beberapa penyakit yang kami himpun dari pihak puskesman antara lain : ispa, diare, hidertensi, sakit mata berwarna merah akibat terkena lumpur, sakit kepala (pusing), sakit pinggang, batuk, kurang nafsu makan, flu, nyeri oto, pusing dan nyeri bagian belakang,” Jelasnya.

Irfan Juga mengatakan Untuk sementara waktu, sekolah dasar Desa Lengkeka diliburkan. Saat ini, masih dilakukan perencanaan untuk membuat tenda khusus proses belajar mengajar sementara di lokasi pengungsian.

Sementara itu, Berdasarkan hasil koordinasi dilapangan dengan pihak BPBD, TAGANA Dinas Sosial (yang menangani logistic bantuan di posko), bahwa penetapan status bencana sementara di kordinasikan dengan pimpinan daerah, lewat BPBD kabupaten untuk menunggu SK. Namum dalam penanganan bencana biasanya status seperti ini selama dua minggu.

“Kebutuhan Prioritas/Urgen saat ini Terpal untuk Alas, Beras, Sayur, Selimut, Tikar/alas, Obat-obatan (minyak telon), kelambu, Perlengkapan Bayi, susu bayi, Makanan bayi, susu untuk ibu hamil, Perlengkapan Perempuan. Perlengkapan sanitasi untuk air bersih, Peralatan mandi, alat memasak, dan layanan physikososial dan media kids,” Tandanya.

Lebih Jelasnya Kondisi Terkini Korban Banjir di Desa Lengkeka, Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso sebagai Berikut :



Reporter/Sumber: Arman Seli/YPAL Poso dan Relawan

Berita terkait