Durian Montong Menuju Ekspor, Antara Rasa Nikmat dan Devisa Negara

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Siapa yang tak kenal durian, Buah dengan aroma dan cita rasa yang khas ini menjadi primadona bagi sebagian orang. Buah dengan nama latin Durio zibethinus ini merupakan tumbuhan tropis yang sudah sangat banyak tumbuh di wilayah Indonesia, tak terkecuali di Sulawesi Tengah. Salah satu varietas terkenal Durian Montong bahkan bakal menuju pasar ekspor.

Durian ini sudah secara merata tumbuh dikebun-kebun masyarakat. Konsumsi durian sendiri sebenarnya tidak hanya skala lokal dan nasional saja, tetapi bisa juga merambah pasar luar negeri. Karena saat ini buah Durian Montong yang merupakan tanaman asli Indonesia ini rupanya telah menjadi komoditi ekspor negara tetangga Thailand sejak 2016.

Tak mau kalah dengan negara tetangga. Belum lama ini, Karantina Pertanian Palu melakukan penjajakan dan turun lapangan langsung untuk mencari calon eksportir.

Kepala Karantina Pertanian Palu Soma Wijaya yang turun langsung bersama tim mengatakan durian mountong selain nikmat juga dapat menambah devisa pendapatan negara karena memiliki peluang ekspor besar.

“Peluang yang baik ini tentunya akan kami kawal dan tanggapi dengan cepat, terutama kemudahan pelayanan karantina mulai dari administrasi hingga teknis,” kata Kepala Karantina Pertanian Palu.

“Penerapan inline inspection pasti akan diterapkan untuk mempercepat proses ekspor dan mengurangi risiko kerusakan serta menjaga kesegaran durian,” lanjut Soma di sela kunjungan dengan calon eksportir.

“Walaupun durian jenis montong yang dibudidayakan ini bukan tanaman asli Sulteng, tapi ternyata durian montong yang dibudidayakan di Sulteng mempunyai cita rasa dan ciri khas unik,” lanjutnya.

Hal ini yang memacu karantina pertanian palu untuk memulai pasar ekspor durian montong.***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait