HUT 125 Tahun, Poso Kota Sejarah

  • Whatsapp
Peringatan HUT Kota Poso/Foto: Humas Pemkab Poso
banner 728x90

Poso,- Puluhan peserta Poso Tourism Carnival tetap bersemangat untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Poso yang ke-125, meskipun hujan deras mengguyur saat acara berlangsung, Rabu (04/03/2020).

Mengangkat tema “Wujudkan masyarakat Poso yang kreatif, berdaya saing menuju kota cerdas meraih Adipura’ puncak peringatan HUT Poso ke-125 yang juga dirangkaikan dengan peresmian kantor bupati, ruang terbuka hijau dan sejumlah fasilitas lainnya ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Poso disaksikan oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Sekdaprov serta pejabat lainnya.

Puncak peringatan yang berlangsung di Lapangan Sintuwu Maroso itu diawali atraksi Marchin Band Gita Prajamukti disusul defile berlangsung dengan cuaca mendung, Namun usai pembukaan, hujan deras mengguyur lapangan Sintuwu Maroso.

Peserta Poso Tourism Carnival tidak menyurutkan semangat mereka melaksanakan acara, begitu juga dengan para putri wisata Poso untuk tampil di pentas. Meskipun diguyur hujan dan basah kuyup, bahkan beberapa peserta yang accecoris gaunnya rusak akibat kehujanan.

Bupati Poso, Kol. Inf. Purn. Darmin Sigilipu dalam sambutannya menyampaikan perkembangan kemajuan kota Poso sebagai kota bersejarah yang tengah berulang tahun mengenang kejayaannya sejak dahulu kala.

Peserta Poso Tourism Carnival /Foto: Humas Pemkab Poso

Toleransi beragama kota Poso menjadi cambuk motivasi bagi seluruh warga kota Poso untuk terus bersinergi, bergandengan tangan, bahu membahu bersama seluruh komponen masyarakat membangun daerah kearah yang lebih baik lagi, ungkap Bupati. Peristiwa kelam yang pernah menyelimuti kota Poso dan daerah kabupaten Poso lainnya beberapa waktu silam lanjut bupati kini telah redup dan akhirnya padam berganti dengan gemerlapnya wajah kota Poso

“Momentum 125 tahun adalah waktu yang panjang, cukup lama kota ini mengalami pasang surut dalam perkembangannya sebagai salah satu kota strategis di Sulawesi Tengah.

Kota Poso merupakah salah satu kota tertua di Sulawesi Tengah dan merupakan salah satu kota penting bagi Belanda. Lebih lanjut dikatakannya, Poso sempat menjadi ibu kota Sulawesi Tengah pada tahun 1948, sebelum dipindahkan ke Palu. Kota Poso mulai berkembang sebagai kota pelabuhan kecil di muara sungai poso pada akhir abad ke-19.

Dr. H. Moh.Hidayat Lamakarate, M.Si yang mewakili Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutannya menyatakan bangga atas apa yang dicapai kabupaten Poso selama 125 tahun,.

“usia yang tidak muda lagi, usia yang sudah cukup matang dalam perjalanan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan dikabupaten Poso dari masa ke masa, dengan gaya kepemimpinan yang berbeda-beda hingga kepemimpinan saat ini, yang arah tujuan-nya untuk memajukan perekonomian daerah dan mensejahterakan masyarakatnya,” ujar Sekprov.

Melalui hari jadi Kota Poso yang ke-125 , semua warga Kota Poso terus menjaga persaudaraan dan kebersamaan, karena dengan kondisi kehidupan masyarakat yang aman dan tenteram dalam bingkai sintuwu maroso, akan memberi perubahan dalam perjalanan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di kabupaten Poso yang lebih maju.

Puncak peringatan HUT Poso ke-125 dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran oleh Sekdaprov Hidayat Lamakarate didampingi Bupati Poso Kol. Inf. Purn. Darmin Sigilipu serta pejabat terkait lainnya. ***

Sumber: Biro Humas Pemprov Sulteng

Berita terkait