KPU Morowali Gelar Simulasi Pemungutan Suara di Era Pandemi

  • Whatsapp
banner 728x90

Morowali,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Morowali, menggelar simulasi pencoblosan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Selasa (01/12/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Gedung Olahraga Bumi Fonuasingko tersebut, dihadiri Ketua dan Komisioner KPUD Morowali, Panitia Pemungutan Suara (PPS), PPK, dan penyelenggara lainnya.

Dalam simulasi itu diperagakan tata cara pencoblosan di masa pandemi Covid-19, dimana pelaksanannya berbeda dengan pemilihan sebelumnya pada masa normal.

Sejak akan memasuki TPS, protokol kesehatan sangat diutamakan guna menjaga agar tidak terjadi kluster baru dalam pemihan kepala daerah serentak.
Bilik suara khusus juga diaediakan oleh penyelenggara bagi pemilih yang suhunya badannya di atas 37,4 derajat celsius.

Komisioner KPU Morowali Divisi Tekhnis, Taufan Tandjing menjelaskan bahwa pelaksanaan simulasi tersebut adalah paling tidak untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat terkait tata cara pemungutan suara di masa pandemi Covid-19, dimana pelaksanaannya berbeda dengan yang sebelumnya saat masa normal.

“Setidaknya, masyarakat bisa mengetahui tentang tata cara pemngutan suara dan proses lainnya, karena pelaksanaan Pilkada serentak kali ini tentunya berbeda dengan yang sebelumnya, karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” ungkap Taufan.

Ia juga berharap agar masyarakat tidak beranggapan lain soal bilik suara diluar TPS, karena bilik tersebut memang harus disediakan bagi pemilih yang bersuhu badan di atas 37,4 derajat celsius sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19.

“Ada bilik suara khusus juga kami sediakan yang diperuntukkan bagi pemilih yang suhu badannya di atas 37,4 derajat, kami berharap agar masyarakat tidak berasumsi lain dengan adanya bilik suara tersebut,” tandasnya.***

Reporter: Bambang Sumantri

Berita terkait