Wabup Parimo Resmikan Desa Tambu Sebagai KBN

  • Whatsapp
Ft: Humas Pemda Parigi Moutong

Parimo,-   Kampung Bahari Nusantara (KBN) di desa Tambu kecamatan sausu, Kabupaten Parigi Moutong diresmikan oleh Wakil Bupati Parigi Moutong H.Badrun Nggai, SE bersama Komandan Pangkalan TNI AL Palu,  Kolonel Marinir Luther Ginting,M.Tr. Hanla di pesisir pantai desa Tambu Selasa, (29/6/2021). 

Diketahui, desa Tambu Kecamatan Sausu menjadi pusat lokasi binaan TNI AL Palu sebagai KBN. Selain peresmian ini,  Wakil Bupati Parigi Moutong didampingi  Kolonel Marinir Luther Ginting juga dijadwalkan resmikan gapura, rumah pintar, serta kegiatan lainnya yakni peletakan batu pertama pembangunan rumah adat kaili, penanaman pohon alpukat dan kemiri dan kunjungan pos pelayanan kesehatan gratis di lokasi kegiatan.

Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai mengaku sangat merespon dengan adanya kegiatan yang digagas oleh TNI AL. Dirinya sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya kegiatan ini, dengan harapan ini dapat memberikan keamanan terhadap potensi laut Parigi Moutong  terutama mangrove dan juga terumbu karang yang ada di pesisir pantai teluk tomini dan insya allah kedepannya tidak ada lagi oknum pengeboman ikan di laut.

“Program KBN yang dilaksanakan oleh TNI AL Palu juga selaras dengan program pemerintah daerah terkait dengan pemberdayaan masyarakat pesisir dan tindak lanjutnya tinggal diselaraskan dengan OPD dan desa terkait,” Ucap Badrun Nggai.

Sebagai kepala daerah, ia berjanji terus mendukung apa yang telah dilakukan TNI AL pada kegiatan KBN ini, karena salah satu tujuan diselenggarakannya KBN ini untuk mengedukasi sekaligus menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga sekaligus melestarikan sumber daya pesisir pantai.

Sementara itu Kolonel Marinir Luther Ginting dalam sambutannya mengatakan, terpilihnya desa tambu sebagai pusat desa binaan atas diselenggarakannya program kegiatan KBN karena desa tambu masuk dalam beberapa kriteria implementasi program KBN.

“KBN adalah pemberdayaan masyarakat pesisir agar potensi daerah ini dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga nantinya masyarakat bisa sejahtera,” Jelas Luther Ginting,M.Tr. Hanla.

Ia menjelaskan, bentuk pembinaan TNI AL pada KBN adalah menyentuh kehidupan masyarakat secara langsung meliputi beberapa klaster diantaranya, pertama klaster pendidikan yaitu meningkatkan pendidikan masyarakat dengan mendirikan rumah pintar. Kedua klaster kesehatan melalui bakti sosial dengan memberikan pelayanan kesehatan dan juga kegiatan sunatan massal. Ketiga klaster pariwisata, dan untuk klaster ini juga menjadi program utama pembangunan KBN guna menciptakan desa sebagai destinasi pariwisata, meliputi pelatihan selam, wisata olah raga Paramotor dan lainnya. keempat klaster ekonomi, untuk klaster ekonomi yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan kelompok usaha mikro kecil menengah seperti menanam terumbu karang dan mangrove serta karamba jaring apung. ***

Sumber: Humas Pemda Parigi Moutong

Berita terkait