Paripurna DPRD Tak Dihadiri Bupati Dan Wabup Morowali

  • Whatsapp

Morowali,- Polemik pergantian Ketua DPRD Morowali yang selama ini hangat diperbincangkan akhirnya terjawab dengan adanya pembacaan surat dari Partai NasDem, Senin (12/7/2021).

Kuswandi yang merupakan pejuang restorasi sejak masuknya NasDem di Morowali terpaksa harus merelakan turun dari tahta Ketua DPRD dan akan digantikan oleh Herdianto Marsuki.

Sebelumnya, Herdianto Marsuki menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Morowali, namun ia mendapatkan kepercayaan dari petinggi Partai NasDem untuk menggeser Kuswandi selaku Ketua DPRD Morowali.

Menariknya, saat paripurna dengan agenda Jawaban Bupati atas 3 Perda inisiatif DPRD dan Pandangan Fraksi atas Perda Usul Pemerintah Daerah yang disisipkan dengan pembacaan surat masuk dari DPW Partai NasDem soal pergantian unsur pimpinan yang dibacakan oleh Kuswandi tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Morowali tampak tidak hadir dan hanya diwakilkan kepada Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Morowali, Mohammad Jafar Hamid.

Ketidak hadiran Bupati dan Wakil Bupati Morowali itu dibenarkan oleh dua unsur pimpinan lainnya, yakni Wakil Ketua I, Syarifudin Hafid dan Wakil Ketua II Asgar Ali.

Sementara, Kuswandi yang coba dikonfirmasi terkait rencana pergantiannya sebagai Ketua DPRD Morowali tak banyak memberikan komentar. Ia mengatakan tetap mengikuti apapun keinginan partai. “Saya tetap patuh pada keinginan partai, dan Insya Allah tidak akan mengurangi niat saya dalam menjalankan amanah yang dititipkan oleh rakyat kepada saya” singkatnya.

Ditambahkannya, agenda pada hari ini baru pembacaan surat masuk soal pergantian, belum secara resmi karena pengresmian pergantian Ketua DPRD harus melalui paripurna khusus setelah terbit SK Gubernur.

Terpisah, Herdianto Marsuki yang direncanakan bakal menggantikan Kuswandi sebagai Ketua DPRD Morowali dan ditanyakan pandangannya, belum memberikan jawaban.***

Reporter: Bambang Sumantri

Berita terkait