Ada Usaha Bangun KEK di Morowali, ATI Temui Gubernur

  • Whatsapp

Apa tanggapan Gubernur Rusdy Mastura? ‘’Provinsi sebagai pemerintahan pusat di daerah mesti taat aturan dan mendukung visi dan misi pemerintahan daerah. Sepanjang hal itu dipenuhi dan memperoleh dukungan dan tidak bermasalah dengan lahan masyarakat, didukung rakyat sekitarnya maka wajib memberikan jalan investasi di Sulawesi Tengah,’’ tandas Cudy, sapaan akrab gubernur yang didampingi tenaga ahli bidang invetasi, Ronny Tanusaputra di kediaman jabatan gubernur Siranindi Palu, 22 Desember 2021.

Silahkan memenuhi syarat dan prosedur dengan meminta rekomendasi Bupati Morowali. Lakukan kepastian bahwa lahan tidak bersengketa dengan masyarakat. Rencana KEK didukung pemerintah kabupaten utamanya masyarakatnya, rijid gubernur.

Ia berharap investasi ke Sulteng tidak hanya memeriahkan pembangunan yang tidak memiliki dampak ke peningkatan fiskal daerah, tidak mengentaskan kemiskinan dan membangun dengan dampak ke lingkungan hidup sekitarnya. ‘’Invetasi mesti bertujuan menjadikan masyarakat berpeluang untuk bekerja, nasibnya berubah, naik pendapatan keluarganya, naik income daerah dan fiskal provinsi meningkat. Karena sebagai pemimpin nanti saya akan dihisab atau dimintai tanggung jawab oleh rakyat dan Tuhan,’’ tandasnya dengan nada serius.

Sulteng sekarang, kata Cudy juga sedang menyiapkan Smart Fishing di Kabupaten Banggai Laut. Dengan program itu, pengelolaan pabrik ikan yang smart nantinya produksi pasar eksport ke Amerika dan Eropa. ‘’Ikan dapat diawetkan dengan tehnologi modern hingga sampai di Amerika dan Eropa ikan ikan yang dari perairan Banggai Laut sekitarnya masih segar dan ada yang masih hidup,’’ terang Cudy.

Selain Smart Fishing, Sulteng sekarang sudah menjalankan Smart Village untuk 2000 desa. Desa mesti dicerdaskan untuk menyongsong 4.0 dan menyiapkan generasi muda di desa melek digitalisasi. ‘’Semua itu legecy yang saya lakukan tanpa menggunakan APBD. Mengajak kementerian dan swasta,’’ ujarnya.

Sulteng sedang menyiapkan Food Estate guna mendukung program nasional pembangunan Ibukota Negara baru di Kalimantan. Sulteng mesti siap dan tidak gagap nantinya apa yang dilakukan. **

Berita terkait