HUT ke 58 Sulteng: Ini Daftar Masalahnya

  • Whatsapp

Ketiga; masih minim infrastruktur. Baik panjang jalan, lingkar jalan antar kabupaten, jumlah jembatan, bendung dan irigasi serta prasarana fisik lainnya. Akibatnya, hasil sumber daya alam dan pertanian terganggu distribusi dan marketing. Petani tidak hidup layak, nelayan pun demikian. Dampak infrastuktur sangat berpengaruh pada kemampuan pendapatan suatu daerah dan warganya.

Keempat; Tata kelola dan responsibility birokrasi umumnya di Sulteng masih minim prestasi. Belum ada lonjakan – lonjakan program yang menarik circle pembangunan hingga berpengaruh pada tricle down effect. ‘’Beberapa program sulit diukur out come, menetes nga ke masyarakat atau dikenal tricle down effect itu tadi yang saya maksud. Rentra dan penjabarannya belum fokus dan tepat,’’ kritik pengamat sosial pembangunan dan politik DR Slamet Riady Cante.

Ia pun mengingatkan agar birokrasi dapat mengejar cara berfikir Gubernur dan Wakil Gubernur yaitu jangkauan Visi dan Misi. ‘’Kalau tidak nanti kelihatan gubernur saja jalan sendiri dan OPD jalan apa adanya. Apalagi kalau sudah Pokir mendominasi kegiatan OPD,’’ tegasnya.

Berita terkait