Agus: Perjuangkan Hak Disabilitas Psikososial di Kancah Internasional

  • Whatsapp
Agus Hasan Hidayat, aktivis disabilitas psikososial. Foto: Dok. Agus H Hidayat
banner 728x90

Jakarta,- Agus Hasan Hidayat dikenal sebagai aktivis disabilitas yang memperjuangkan hak-hak kelompok disabilitas psikososial hingga ke forum internasional. Ia mewakili Transforming Communities for Inclusion (TCI) di komite pemuda Aliansi Disabilitas Internasional.

Disabilitas psikososial adalah ragam disabilitas pada orang yang mengalami gangguan dalam proses berpikir, berperasaan (emosi), berperilaku, yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sikap masyarakatnya dapat menemui hambatan yang menyulitkannya berperan, berpartisipasi penuh, dan efektif berdasarkan kesamaan hak sebagai manusia.

Disabilitas psikososial mencakup gangguan cemas, gangguan depresi, gangguan bipolar, skizofrenia, dan gangguan kepribadian, seperti dikutip dari Mengenal Anak dengan Disabiltas Psikososial: Panduan Dasar untuk Orang Tua dan Keluarga karya Agus dan rekan-rekan penelitinya, bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI tahun 2018.

Anggota komite country leadership di Global Mental Health Peer Network ini juga bicara soal disabilitas dan kepemudaan di Conference of The State Parties dan berdialog dengan Deputy Secretary General Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Berita terkait