Seniman Reog Legendaris Mbah Tobron Tutup Usia

  • Whatsapp
Sesepuh Reog Ponorogo Ahmad Tobroni atau Mbah Tobron meninggal dunia (Foto: Putu Intan/detikcom)
banner 728x90

Jakarta,- Mbah Tobron Seniman Reog Ponorogo nan legendaris tutup usia. Ia mendedikasikan diri untuk kesenian itu hingga akhir hayatnya.

Kabarkan Mbah Tobron menghembuskan napas terakhir pada Selasa, 7 Februari 2023 pukul 23.30 WIB di kediamannya di Jalan Ponorogo-Solo KM 10 Kota Ponorogo.

Berdasarkan informasi yang diterima detikTravel dari keluarganya, Mbah Tobron dimakamkam hari ini di Pemakaman Senyamplung Cokromenggalan Ponorogo. Mbah Tobron meninggal dunia di usia 85 tahun.

Mbah Tobron merupakan tokoh sesepuh yang terkenal di Ponorogo berkat kesungguhannya dalam melestarikan Reog Ponorogo. detikTravel sempat mewawancarainya pada Oktober 2022 untuk mengetahui makna Reog Ponorogo serta peran Mbah Tobron memperkenalkan Reog Ponorogo hingga kancah internasional.

Kala itu, Mbah Tobron dalam kondisi sakit. Kakinya lumpuh sehingga ia hanya mampu berbaring di kasur.

Selain itu, ia bernapas dibantu selang oksigen dari tabung. Istrinya berkata, kondisi Mbah Tobron menurun sejak terkena COVID-19.

Meskipun begitu, Mbah Tobron masih semangat bercerita. Ingatannya masih tajam sehingga ia sanggup menceritakan perjalanannya melestarikan Reog Ponorogo.

Ketertarikannya terhadap reog sudah dimulai sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Rakyat Nahdatul Ulama.

“Mulai tahun 1942 saya senang reog,” kenangnya.

Berita terkait