Musrenbang RKPD 2024, Ini Harapan Wali Kota Palu

  • Whatsapp
Hadianto Rasyid selaku Wali Kota Palu membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Palu tahun 2024 di Taipa Beach, Kelurahan Taipa, Kecamatan Palu Utara, Rabu (15/3/2023)

Hal tersebut, katanya mulai digerakkan di tahun 2022 dan berlanjut di tahun 2023. Semua informasi tersebut harus sampai kepada masyarakat Kota Palu, agar masyarakat mengetahui dan mencari tahu bagaimana bisa mendapatkan program Pemerintah Kota Palu ini.

“Kalau ini hanya tersampaikan pada saat kegiatan seremoni saja, maka akan menjadi tanda tanya besar. Apakah semua atau sebagian masyarakat kita mengetahui dari program ini,” ujarnya.

Wali kota menekankan kepada para lurah, camat, dan seluruh OPD agar informasi berkaitan dengan program Pemkot Palu harus tersampaikan baik kepada masyarakat.

Karena apa yang telah diprogram, katanya merupakan upaya Pemkot Palu melakukan perbaikan-perbaikan. Akan tetapi jika masyarakat sebagai penerima tidak merasakan manfaatnya, berarti Pemerintah Kota Palu melaksanakan program yang sia-sia.

Sehingga Pemkot Palu tidak akan optimal dalam melakukan evaluasi dan menindaklanjuti evaluasi tersebut.

Kalau ini benar-benar diterapkan secara sistematis dengan mekanisme dan informasi yang baik, maka tahun 2023 Pemkot Palu sudah mengetahui kelemahannya.

“Mana program-program yang harus kita perkuat. Kita juga akan mengetahui, program apa saja yang harus dilakukan untuk tahun 2024 karena ukuran kerja yang kita bangun sudah mampu terukur dengan baik. Kalau ini lambat untuk kita sadari, maka kegiatan kita akan selalu berujung pada sesuatu yang dimana optimalisasi pemanfaatan dan penerimaan oleh dan kepada masyarakat tidak akan dirasakan oleh masyarakat Kota Palu,” jelasnya.

Ia berharap Juli 2023 mendatang program kemitraan dengan pihak Bank Mandiri terkait dengan Smart City Kota Palu harus mampu terealisasi.

Karena ada beberapa hal yang diharapkan tahun ini dapat berjalan dengan baik seperti program Satu Data Kota Palu, program digitalisasi kecamatan dan kelurahan, serta digitalisasi pelayanan kepada masyarakat yang nantinya akan digabungkan dalam program digitalisasi ‘One Touch Info Kota Palu’

“Saya berharap ini semua mendapat dukungan yang baik dari semua kita. Mari kita bekerja cepat dan bergerak lebih masif serta berbuat dengan penuh rasa cinta yang lebih untuk Kota Palu agar percepatan-percepatan dapat kita lakukan dengan lebih baik,” harapnya.

Berita terkait