PT. Bank Sulteng Raih Penghargaan Nasional – Bank Terbaik 2023 – (BPD KBMI 1)

  • Whatsapp

Seleksi Awal

Tim Juri sepakat untuk menggunakan kriteria pemeringkatan yang telah diterapkan tahun sebelumnya. Sebelum pemeringkatan, seperti biasa dilakukan seleksi awal. Berdasarkan seleksi awal, bank yang diperingkat harus memenuhi persyaratan CAR (capital adequacy ratio) minimal 8% per Desember 2022, laporan keuangan tidak disclaimer, GWM (giro wajib minimum) 8% dengan memperhitungkan insentif LDR.

Untuk bank nasional, harus memiliki aset minimal Rp 1 triliun. Selain itu, bank harus mampu mencatat laba operasional dan laba bersih positif, serta tidak terkena sanksi dari otoritas.

Dari 107 bank yang beroperasi pada Mei 2023, hanya 75 bank diikutkan dalam pemeringkatan. Sisanya tidak diikutkan dalam pemeringkatan karena berbagai alasan, termasuk alasan mencatatkan laba operasional 2022 negatif.

Namun, tak semua bank yang tidak ikut diperingkat merupakan bank yang terganjal seleksi. Bank syariah misalnya, memang sengaja tidak diikutkan dalam pemeringkatan karena memiliki karakteristik khusus.

Bank asing juga tidak diikutkan dalam pemeringkatan. Jika lolos dari seleksi awal, barulah bank itu diperingkat dengan menggunakan 12 kriteria pemeringkatan. Proses pemeringkatan mengacu pada hasil penilaian terhadap masing-masing kriteria. Bank yang berada di posisi atas mendapat skor tertinggi sesuai rentang sebarannya, menyusul skor lebih rendah untuk rentang di bawahnya.

Berita terkait