PT. Bank Sulteng Raih Penghargaan Nasional – Bank Terbaik 2023 – (BPD KBMI 1)

  • Whatsapp

Parameter yang diukur dalam pemeringkatan ini adalah CAR Desember 2022, NPL (non performing loan) Desember 2022, ROA (return on aset) Desember 2022, ROE (return on equity) Desember 2022, NIM (net interest margin), BOPO (beban operasi dibandingkan pendapatan operasional), LDR (loan to deposit ratio), rasio pendapatan operasional nonbunga (pendapatan operasional lain dibandingkan dengan total pendapatan).

Tiga kriteria lain adalah pertumbuhan kredit 2021-2022, pertumbuhan laba operasi 2021-2022, dan rasio biaya terhadap aset. Sebagai lembaga intermediasi, tugas bank adalah menghimpun dana masyarakat, lalu menyalurkan dana tersebut dalam bentuk kredit. Makin besar kredit yang disalurkan, menunjukkan makin baik kinerja bank itu dalam menjalankan fungsi intermediasi. Tentu saja, penyaluran kredit harus dilandasi prinsip kehati-hatian dan analisis bisnis yang cermat.

Dalam rasio keuangan, penyaluran kredit suatu bank tercermin pada angka LDR. Rasio ini menunjukkan besarnya yang tersalur dibandingkan dengan dana masyarakat yang dihimpun. Mengingat fungsi perbankan sebagai lembaga intermediasi, maka indikator LDR ini dinilai penting. Sesuai ketentuan Otoritas Jasa Keuangan, Perbankan Nasional diharapkan dapat mencapai LDR optimal pada kisaran 78- 94%.

Selain rasio LDR dan NPL, indikator NIM (net interest margin) dan permodalan juga mendapat perhatian. Pembobotan dipilah berdasar tiga kelompok kriteria, yaitu 5% untuk compliance (CAR dan LDR), 55% untuk performance dan 40% untuk growth. Setelah melalui proses pemeringkatan, terpilih 18 bank terbaik yang tersebar di masing-masing kelompok. ***

Editor/Sumber: Riky/Press Release “Bank Terbaik 2023

Berita terkait